Strategi pelatihan Mubaligh Muda Muhammadiyah dalam meningkatkan keterampilan dakwah siswa di masyarakat : Studi deskriptif di SMK Muhammadiyah Kersamanah Kabupaten Garut

Mukholik, Dzikri Zakia (2023) Strategi pelatihan Mubaligh Muda Muhammadiyah dalam meningkatkan keterampilan dakwah siswa di masyarakat : Studi deskriptif di SMK Muhammadiyah Kersamanah Kabupaten Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (252kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (636kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Masa depan Muhammadiyah sebagai gerakan gerakan dakwah, dan gerakan tajdid tidak dapat dipisahkan dari upaya untuk mewariskan keyakinan, cita-cita hidup, dan kepribadian yang ada pada generasi penerus, pelanjut, dan penyempurna amal usaha serta perjuangan Muhammadiyah. Sejak awal pendiriannya, langkah ini telah bergerak sebagai pengembangan sistem pengkaderan yang kaya tradisi dan mewarisi nilai-nilai yang menjadi landasan Persyarikatan Muhammadiyah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis program pelatihan, pelaksanaan pelatihan dan evaluasi pelatihan mubaligh muda muhammadiyah dalam meningkatkan keterampilan dakwah siswa di masyarakat. Penelitian ini dilakukan di SMK Muhammadiyah Kersamanah Kabupaten Garut. Penelitian ini menggunakan teori strategi pelatihan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) suatu pendekatan sistematis pelatihan melalui perencanaan, pengembangan, implementasi dan evaluasi program pelatihan oleh G. R. Morisson. Metode penlitian yang digunakan yaitu motode deskrptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data diperoleh dari proses wawancara dan studi dokumentasi terhadap panitia penyelenggara Pelatihan Muballigh Muda Muhammadiyah dan alumni peserta pelatihan tersebut.Data yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa program pelatihan Mubaligh Muda Muhammadiyah di SMK Muhammadiyah Kersamanah Kabupaten Garut telah berhasil meningkatkan keterampilan dakwah siswa di masyarakat. Analisis kebutuhan pelatihan telah membantu dalam menentukan jenis pelatihan, tujuan pelatihan, dan merancang kurikulum serta buku panduan pelatihan yang relevan. Pelaksanaan pelatihan dilakukan melalui Pre-Test dan Post-Test, dengan menggunakan materi yang disampaikan oleh pemateri pelatihan melalui metode dan media yang efektif. Evaluasi pelatihan yang komprehensif melibatkan evaluasi persiapan, pelaksanaan, dan pasca pelatihan, dan menunjukkan hasil positif dalam meningkatkan keterampilan dakwah siswa di masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Mubaligh Muda Muhammadiyah; keterampilan dakwah; siswa; mayarakat;
Subjects: Islam > Organizations of Islam
Islam > Da'wah
Social Interaction, Interpersonal Relations > Relations of Individual to Society
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Zakia Mukholik Dzikri
Date Deposited: 26 Jul 2023 02:42
Last Modified: 26 Jul 2023 02:42
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72398

Actions (login required)

View Item View Item