Diniyah, Rispa Ropyatiy (2023) Analisis metode pembelajaran Modelling The Way pada pembelajaran Fikih materi Shalat Berjamaah kelas VII MTS Ar Rosyidiyah Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (28kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (49kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (49kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (217kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (417kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (139kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (446kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (53kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (181kB) | Request a copy |
Abstract
Di MTs Ar Rosyidiyah kelas VII terdapat Mata Pelajaran fikih. Dikelas VII ada banyak materi salah satunya adalah tentang shalat berjamaah. Guru sudah melakukan pembelajaran materi shalat berjamaah tetapi masih ada siswa yang tidak mengikuti shalat berjamaah hal ini terlihat ketika jam shalat masih ada siswa yang berada di luar lingkungan sekolah, padahal aturan shalat berjamaah itu diwajibkan untuk seluruh siswa, mestinya siswa itu mengkitu aturan nya dengan baik, oleh karena itu penulis ingin meneliti metode pembelajaran Modelling The Way dalam pembelajaran fikih diharapkan dapat memotivasi dan memberi pemahaman kepada siswa tentang materi shalat berjamaah sehingga siswa dapat mempraktikkan dan mempelajari secara langsung yang telah dijelaskan dan dipraktikkan oleh guru. Tujuan dari penelitian ini: 1) Untuk mengetahui bagaimana proses penerapan metode pembelajaran Modelling The Way yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran fikih materi shalat berjamaah kelas VII di MTs Ar Rosyidiyah. 2) Untuk mengetahui keaktifan siswa dalam berdiskusi menggunakan metode Modelling The Way pada fikih Kelas VII materi shalat berjamaah di MTs Ar Rosyidiyah. 3) Untuk mengetahui partisipasi siswa dalam menjawab pertanyaan dan memecahkan masalah kelompok menggunakan metode Modelling The Way pada fikih Kelas VII materi shalat berjamaah di MTs Ar Rosyidiyah. Kelebihan dari kegiatan pembelajaran menggunakan metode ini memberikan pengalaman praktis yang dapat membentuk ingatan yang kuat dan keterampilan dalam berbuat untuk melatih siswaa lebih terampil, tidak hanya memberikan teori tetapi juga mempraktikannya, siswa aktif dalam pembelajaran, pembelajaran jadi efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) bersifat kualitatif dan kuantitaif sumber data nya terdiri dari kepala sekolah, guru fikih, dan salah satu siswa. Data diperoleh dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner. Berdasrkan hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Penerapan proses metode pembelajaran Modelling The Way pada fikih materi shalat berjamaah di kelas VII MTs Ar Rosyidiyah berjalan dengan sangat baik karena ada inovasi sebuah metode dimana pembelajaran tidak hanya menggunakan teori saja jadi siswa bisa menerapkan dalam kehidupan sehari-harinya. 2) Keaktifan siswa dalam berdiskusi menggunakan metode ini pada fikih materi shalat berjamaah kelas VII pada aspek ini terlihat tinggi yaitu 89% kategori sangat baik. 3) Partisipasi siswa dalam menjawab pertanyaan dan memecahkan masalah kelompok menggunakan metode ini pada fikih materi shalat berjamaah kelas VII ialah rata-rata 90% kategori sangat baik, maka partisipasi siswa nya dinyatakan sangat tinggi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran; Metode Modelling The Way; Fikih; Shalat Berjamaah |
Subjects: | Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Usul Fikih Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Rispa Ropianty Diniyah |
Date Deposited: | 26 Jul 2023 04:17 |
Last Modified: | 26 Jul 2023 04:17 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72404 |
Actions (login required)
View Item |