Pengaruh pergaulan teman sebaya terhadap perilaku kenakalan remaja: Penelitian pada siswa kelas VIII SMP berbasis Pesantren Al-Masthuriyah Sukabumi

Ailya, Ashima (2023) Pengaruh pergaulan teman sebaya terhadap perilaku kenakalan remaja: Penelitian pada siswa kelas VIII SMP berbasis Pesantren Al-Masthuriyah Sukabumi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (263kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (598kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lingkungan teman sebaya yang negatif yang dapat mendorong terlibatnya kenakalan remaja. Adapun yang menjadi faktor penyebab timbulnya kenakalan remaja yaitu faktor internal dipengaruhi oleh lingkungan sekitarnya, dalam hal ini remaja dapat menjadi sebuah sumber adanya perilaku kenakalan remaja. dan faktor eksternal seperti lingkungan keluarga, masyarakat atau teman sebaya serta pengaruh dalam media massa. Maka dari itu penulis ingin meneliti lebih dalam tentang Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Kenakalan Remaja. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Realitas pergaulan teman sebaya kelas VIII SMP Berbasis Pesantren Al-Masthuriyah Sukabumi. 2) Realitas perilaku kenakalan remaja kelas VIII SMP Berbasis Pesantren Al-Masthuriyah Sukabumi. 3) Pengaruh pergaulan teman sebaya terhadap perilaku kenakalan remaja kelas VIII SMP Berbasis Pesantren Al-Masthuriyah Sukabumi. Penelitian berdasarkan pemikiran bahwa pergaulan teman sebaya dipengaruhi oleh berbagai faktor perilaku kenakalan remaja. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah terdapat pengaruh antara pergaulan teman sebaya terhadap perilaku kenakalan remaja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif menggunakan jenis penelitian korelasional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis parsial, uji normalitas, uji linieritas, uji regresi dan analisis korelasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Realitas pergaulan teman sebaya berkategori tinggi, berdasarkan skor nilai rata-rata sebesar 3,94 berada pada rentang 3.6 - 4,5. 2) Realitas perilaku kenakalan remaja berkategori tinggi. Berdasarkan skor nilai rata-rata dari seluruh indikator variabel Y yaitu 4,04 karena berada pada rentang 3.6 - 4,5. 3) Pengaruh pergaulan teman sebaya dengan perilaku kenakalan remaja menunjukkan bahwa koefisien korelasi yang diperoleh r= 0,772, terdapat pada kategori 0,60-0,799 = kuat. Hasil ini menandakan bahwa Hₒ ditolak dan H₁ diterima. Artinya terdapat hubungan yang signifikan antara pergaulan teman sebaya terhadap perilaku kenakalan remaja. Hal ini berdasarkan pada nilai thitung sebesar 11,454 dengan demikian nilai thitung lebih besar dibanding nilai ttabel (11,454 > 1,987). Kemudian nilai koefisien determinasi yang dihasilkan sebesar 0,592 yang menunjukan bahwa pengaruh variabel bebas yaitu pergaulan teman sebaya terhadap perilaku kenakalan remaja adalah sebesar 0,591 atau 59,1%. Adapun sisanya 40,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dengan demikian, terdapat pengaruh antara pergaulan teman sebaya terhadap perilaku kenakalan remaja pada siswa kelas VIII SMP Berbasis Pesantren Sukabumi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Teman Sebaya; Kenakalan Remaja
Subjects: Ethics of Social Relations
Secondary Education > Lower Level Secondary School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ashima Ailya
Date Deposited: 27 Jul 2023 04:08
Last Modified: 27 Jul 2023 04:08
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72431

Actions (login required)

View Item View Item