Hubungan perencanaan pendidikan berbasis Human Development (Pembangunan Manusia) dengan kualitas karakter siswa : Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri 1 dan 2 Kota Tangerang

Akbar, Aidul Fitrianda (2023) Hubungan perencanaan pendidikan berbasis Human Development (Pembangunan Manusia) dengan kualitas karakter siswa : Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri 1 dan 2 Kota Tangerang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (387kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (783kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB) | Request a copy

Abstract

Globalisasi merupakan kondisi yang tidak hanya membawa manfaat untuk memudahkan setiap pekerjaan manusia, tapi juga memiliki dampak negatif yang bisa merusak kualitas karakter seseorang. Untuk mewujudkan lembaga pendidikan yang dapat membentuk individu berkarakter diperlukannya perencanaan pendidikan yang dapat menjadi landasan dalam pengelolaannya. Pengembangan dan peningkatan kualitas pengetahuan, keterampilan dan sikap individu merupakan tujuan dasar dari pendekatan perencanaan pendidikan berbasis human development (pembangunan manusia). Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui realitas perencanaan pendidikan berbasis human development (pembangunan manusia) di Madrasah Aliyah Negeri 1 dan 2 Kota Tangerang; 2) mengidentifikasi realitas kualitas karakter siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 dan 2 Kota Tangerang; dan 3) menganalisis dan menaksir hubungan perencanaan pendidikan berbasis human development (pembangunan manusia) dengan kualitas karakter siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 dan 2 Kota Tangerang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Data penelitian ini dikumpulkan melalui penyebaran angket kepada 95 responden. Analisis data yang dilakukan berupa uji instrumen penelitian (uji validitas dan uji reliabilitas), analisis statistik deskriptif, analisis parsial per indikator, uji prasyarat (uji normalitas dan uji linearitas), uji hipotesis (uji korelasi, uji regresi linear sederhana, uji signifikansi, serta uji koefesien determinasi). Dari rangkaian uji statistik hasil yang diperoleh menerangkan bahwa: 1) Realitas perencanaan pendidikan berbasis human development (pembangunan manusia) di MAN 1 dan 2 Kota Tangerang telah diterapkan dengan cukup baik; 2) Peserta didik di MAN 1 dan 2 Kota Tangerang memiliki karakter yang berkualitas tinggi; dan 3) Perencanaan pendidikan berbasis human development (pembangunan manusia) dengan kualitas karakter siswa di MAN 1 dan 2 Kota Tangerang dinyatakan berkorelasi karena nilai signifikansi yang diperoleh ialah 0,000. Adapun tingkat hubungannya masuk dalam kategori sedang/cukup kuat dengan nilai pearson correlation 0,530. Berdasarkan hasil penelitian di atas, direkomendasikan pada Madrasah Aliyah Negeri 1 dan 2 Kota Tangerang diharapkan mampu mengoptimalkan penerapan perencanaan pendidikan berbasis human development (pembangunan manusia) dengan berpegang pada empat aspek pembangunan manusia yaitu produktivitas, pemerataan, kesinambungan serta pemberdayaan agar kualitas karakter peserta didik bisa terus meningkat dan juga peserta didik dapat memiliki pertahanan diri yang kuat dalam menghadapi perubahan situasi dan kondisi dikehidupan nyata baik masa kini maupun yang akan datang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan Pendidikan; Karakter Siswa; Pembangunan Manusia
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Character Development
General Management
General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Aidul Fitrianda Akbar
Date Deposited: 26 Jul 2023 03:15
Last Modified: 26 Jul 2023 03:15
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72445

Actions (login required)

View Item View Item