Dampak objek wisata Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda terhadap kesejahteraan ekonomi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)

Humaira, Donna Zahrah (2023) Dampak objek wisata Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda terhadap kesejahteraan ekonomi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (324kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB) | Request a copy

Abstract

Objek wisata menjadi sektor yang potensial dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Keberadaan destinasi wisata di suatu daerah akan berdampak bagi kehidupan masyatakat sekitar, seperti objek wisata Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda yang memberikan dampak, salah satunya pada masyarakat yang terlibat dalam kegiatan usaha hingga dapat memenuhi kebutuhan ekonomi. Upaya pemberdayaan penting dilakukan untuk mengoptimalkan pemanfaatan kawasan objek wisata, salah satunya dengan pemberdayaaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang kini menjadi sektor perekonomian global. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pemberdayaan terhadap pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Objek Wisata Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda dan evaluasi dampak pemberdayaan di Objek Wisata Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori proses pemberdayaan yang dikemukakan oleh Imron Ali. Teori ini membahas bagaimana proses pemberdayaan yang dilakukan melalui tahapan yaitu, Persiapan, Pengkajian, Perencanaan, Pemformulasi Rencana Aksi, Pelaksanaan, Evaluasi, Terminasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk memaparkan data-data secara menyeluruh mengenai masalah atau keadaan objek yang diteliti sesuai dengan kondisi yang ada dilapangan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini adalah: Pertama, proses pemberdayaan yang sesuai dengan hasil peneltian yaitu, tahap persiapan, pengkajian, perencanaan, pelaksanaan, Evaluasi. Untuk tahap pemformulasi Rencana Aksi dan terminasi kurang sesuai dengan pemberdayaan terhadap pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang melakukan kegiatan usaha di kawasan Objek Wisata. Kedua, evaluasi dampak yang dilakukan pengelola melalui beberapa tahapan yaitu: Evaluasi pada Tahap Perencanaan (ex-ante) melakukan evaluasi dimulai dari penentuan kebijakan dan keiatan upaya pemberdayaan yang ada. Evaluasi pada Tahap Pelaksanaan (on-going), dengan melihat dan memastikan kegiatan yang dilakukan sesuai tujuan yang diinginkan. Evaluasi pada Tahap Pasca-Pelaksanaan (ex-post), mengetahui hasil kegiatan pemberdayaan sesuai tujuan dan memberikan manfaat bagi pelaku usaha.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Dampak; Objek Wisata; Pemberdayaan;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Participation
Social Welfare, Problems and Services > Historical, Geographic, Person Treatment of Social Welfare
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Donna Zahrah Humaira
Date Deposited: 27 Jul 2023 02:56
Last Modified: 27 Jul 2023 02:56
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72506

Actions (login required)

View Item View Item