Pengaruh nilai kerja keras dan tanggung jawab dalam film negeri 5 menara pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap minat siswa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi: Penelitian quasi eksperimen pada siswa kelas XI SMA Negeri 10 Garut

Suryaningrat, Ardalifah Pitria (2023) Pengaruh nilai kerja keras dan tanggung jawab dalam film negeri 5 menara pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap minat siswa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi: Penelitian quasi eksperimen pada siswa kelas XI SMA Negeri 10 Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (473kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (776kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (671kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya urgensi mengenai minat bersekolah yang semakin hari semakin berkurang. Berdasarkan data hasil analisis yang dilakukan oleh BPS (Badan Pusat Statistik) di Kabupaten Garut masih terdapat anak-anak yang tidak bersekolah dan tidak melanjutkan sekolahnya. Oleh karena itu dalam penelitian ini akan dilakukan sebuah eksperimen semu yakni penggunaan media film terhadap minat siswa untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi yang merupakan pengaplikasian dari teori yang dikemukakan oleh Edgar Dale. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) minat siswa kelas XI SMAN 10 Garut untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi sebelum menonton film Negeri 5 Menara, 2) mengetahui minat siswa kelas XI SMAN 10 Garut setelah menonton film Negeri 5 Menara, dan 3) apakah terdapat pengaruh dari film Negeri 5 Menara terhadap minat siswa kelas XI SMAN 10 Garut untuk melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi. Penelitian ini berlandaskan kepada pemikiran bahwa nilai kerja keras dan tanggung jawab yang terkandung dalam film negeri 5 menara dapat berpengaruh dan meningkatkan minat siswa untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Dengan demikian, hipotesis yang diajukan adalah nilai kerja keras dan tanggung jawab dalam film negeri 5 menara berpengaruh terhadap minat siswa melanjutkan pendidikan, begitupun sebaliknya.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimental. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Serta teknik analisis data menggunakan analisis statistika dengan menggunakan uji normalitas, uji hipotesis (paired sampel test) serta uji N-Gain untuk mengetahui efektivitas dari media yang digunakan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa minat siswa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi sebelum menonton film sebesar 32% siswa yang berminat dan 68% siswa yang tidak berminat. Setelah diberikannya perlakuan, siswa yang berminat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi sebesar 44% dan siswa yang tidak berminat sebesar 56%. Berdasarkan hasil analisis tersebut, maka terlihat adanya peningkatan minat siswa sebesar 12% dari 32% yang berminat menjadi 44%. Hasil analisis tersebut menyatakan bahwa film negeri 5 menara berpengaruh terhadap minat siswa melanjutkan pendidikan dengan nilai Thitung > Ttabel: -9,586 > -2,042 dengan nilai efektivitas sebesar 60% berkategori cukup efektiv. Hasil dari perhitungan hipotesis menunjukkan bahwa nilai yang dihasilkan berada pada kurva sebelah kiri dengan nilai negatif. Oleh karena itu H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian terdapat pengaruh Nilai Kerja Keras dan Tanggung Jawab dalam Film Negeri 5 Menara pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Minat Siswa Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi di kelas XI SMA Negeri 10 Garut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Film; Negeri 5 Menara; Minat melanjutkan pendidikan;
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ardalifah Pitria Suryaningrat
Date Deposited: 27 Jul 2023 03:19
Last Modified: 27 Jul 2023 03:19
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72511

Actions (login required)

View Item View Item