Pengaruh budaya religius sekolah terhadap pembentukan karakter disiplin siswa : Penelitian pada siswa kelas VIII MTs Negeri 9 Majalengka

Indah, Amalia Puspa (2023) Pengaruh budaya religius sekolah terhadap pembentukan karakter disiplin siswa : Penelitian pada siswa kelas VIII MTs Negeri 9 Majalengka. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (370kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (899kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kurangnya karakter disiplin pada siswa MTs Negeri 9 Majalengka. Hal ini dilihat dari masih banyaknya siswa yang datang terlambat ke sekolah, tidak menaati peraturan sekolah, sering telatnya siswa masuk ke kelas setelah jam istirahat selesai, masih adanya siswa yang malas dan tidak mengerjakan PR/ tugas yang diberikan oleh guru serta masih banyak lagi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pelaksanaan budaya religius yang diterapkan di MTs Negeri 9 Majalengka, 2) Realitas karakter disiplin siswa MTs Negeri 9 Majalengka, 3) Pengaruh budaya religius terhadap pembentukan karakter disiplin siswa MTs Negeri 9 Majalengka. Penelitian ini berdasarkan pemikiran bahwa pembentukan karakter disiplin siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah budaya religius sekolah. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah terdapat pengaruh antara budaya religius sekolah terhadap pembentukan karakter disiplin siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode korelasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, dan kuisioner/angket. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis parsial, uji normalitas, uji korelasi produk moment, dan uji regresi linear. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri 9 Majalengka sebanyak 129 siswa dan sampel yang diambil adalah sebanyak 20% dari populasi yakni berjumlah 26 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan budaya religius sekolah di MTs Negeri 9 Majalengka dalam kualifikasi sangat baik dimana skor rata-rata adalah sebesar 4,5 yang berada pada interval 4,3 – 5,0, 2) Realitas karekter disiplin siswa Mts Negeri 9 Majalengka dalam kualifikasi sangat baik dimana mendapatkan skor rata rata sebesar 4,5 yang berada pada interval 4,3 – 5,0, 3) Terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara budata religius sekolah terhadap pembentukan karakter disiplin siswa di MTs Negeri 9 Majalengka, dimana nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,376, kemudian berdasarkan nilai signifikasi 0,001 < 0,05 dan besarnya nilai korelasi (pearson correlation) adalah 0,613. Dengan demikian, terdapat pengaruh budaya religius sekolah terhadap pembentukan karakter disiplin siswa di kelas VIII MTs Negeri 9 Majalengka.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Budaya Religius Sekolah; Karakter Disiplin Siswa
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Individual Psychology, Characters
Islam
Islam > Islamic Religious Education
Culture and Institutions
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Amalia Puspa Indah
Date Deposited: 27 Jul 2023 02:07
Last Modified: 27 Jul 2023 02:07
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72515

Actions (login required)

View Item View Item