Model pemberdayaan masyarakat melalui program peningkatan kualitas ternak dengan budidaya Maggot Black Soldier Fly : Studi deskriftif di Kampung Ciparanje Desa Cikalong Kecamatan Cikalongwetan Kabupaten Bandung Barat

Sari, Sinta Laela (2023) Model pemberdayaan masyarakat melalui program peningkatan kualitas ternak dengan budidaya Maggot Black Soldier Fly : Studi deskriftif di Kampung Ciparanje Desa Cikalong Kecamatan Cikalongwetan Kabupaten Bandung Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover[1].pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak[1].pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi[1].pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab_1[1].pdf

Download (350kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab_2[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text (BAB 3)
6_bab_3[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[img] Text (BAB 4)
7_bab_4[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (64kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftarpustaka[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pemberdayaanmasyarakat melalui program peningkatan kualitas ternak dengan menggunakanbudidaya maggot Black Soldier Fly (BSF) di Kampung Ciparanje. Tujuan daripenelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan maggot terhadap ternak, bagaimana kualitas ternak setelah adanya maggot, bagaimana dampak program ini terhadap pemberdayaan, serta analisis terhadap program peningkatankualitas ternak ini. Penelitian ini merujuk pada teori pemberdayaan yang dikemukakan oleh Bartle yang mengemukakan bahwa pemberdayaan masyarakat sebagai alat untukmenjadikan masyarakat kompleks dan kuat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini digunakan penafsiran logika yang dihubungkan dengan konteks pengembangan masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program peningkatan kualitas ternak dengan budidaya maggot black soldier fly memiliki dampak positif terhadappemberdayaan masyarakat. Peternak dan masyarakat yang terlibat dalam program ini mengalami peningkatan pengetahuan dan keterampilan dalam budidaya maggot black soldier fly, yang pada gilirannya meningkatkan kualitas pakanternak dan pertumbuhan ternak yang lebih baik. Selain itu, program ini juga memberikan manfaat ekonomi dengan meningkatkan pendapatan peternak melaluipeningkatan kualitas ternak dan peningkatan harga jual produk ternak.Peningkatan kualitas ternak juga berdampak positif pada kesejahteraan masyarakat, dengan adanya peningkatan akses terhadap produk ternak berkualitas dan peningkatan konsumsi protein. Penelitian ini berkesimpulan bahwa model pemberdayaan masyarakat melalui program peningkatan kualitas ternak dengan budidaya maggot black soldier fly di Kampung Ciparanje dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: pemberdayaan masyarakat; peningkatan kualitas ternak; maggot black soldier fly
Subjects: Social Process
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Laela Sari Sinta
Date Deposited: 27 Jul 2023 01:15
Last Modified: 27 Jul 2023 01:15
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72531

Actions (login required)

View Item View Item