Hubungan kepemimpinan transformasional kepala madrasah dengan kinerja madrasah : Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri Se-Kabupaten Bogor

Mahasina, Muhammad Ghoris Arkan (2023) Hubungan kepemimpinan transformasional kepala madrasah dengan kinerja madrasah : Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri Se-Kabupaten Bogor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (194kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy

Abstract

Peran kepemimpinan kepala madrasah memiliki pengaruh yang signifikan dalam kemajuan madrasah. Penting bagi kepala madrasah untuk terus berupaya meningkatkan kinerja madrasah. Salah satu bentuk kepemimpinan yang efektif adalah kepemimpinan transformasional, di mana kepala madrasah selalu berinovasi dan menciptakan terobosan baru untuk meningkatkan kualitas madrasah secara berkelanjutan. Pemimpin yang menerapkan pendekatan ini memiliki visi yang luas dan berupaya melakukan perbaikan serta pengembangan organisasi dalam jangka waktu yang panjang, baik untuk saat ini maupun masa depan. Mereka berupaya menciptakan kondisi yang kondusif dalam madrasah, yang pada akhirnya akan menghasilkan kinerja organisasi yang optimal. Penelitian bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan dan menganalisis Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah di Madrasah Aliyah Negeri Se-Kabupaten Bogor; 2) Mendeskripsikan dan menganalisis Kinerja Madrasah di Madrasah Aliyah Negeri Se-Kabupaten Bogor; dan 3) Mendeskripsikan dan menganalisis hubungan Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah dengan Kinerja Madrasah di Madrasah Aliyah Negeri Se-Kabupaten Bogor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitiannya deskriptif korelasional. Data pada penelitian ini diperoleh melalui penyebaran angket yang terdiri empat jawaban pilihan kepada 57 responden. Adapun pada Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji instrumen (validitas dan reliabilitas), uji analisis per indikator, uji prasyarat analisis (uji normalitas) serta uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah di Madrasah Aliyah Negeri Se-Kabupaten Bogor dapat dikategorikan cukup, berdasarkan hasil pengolahan data dari penyebaran kuesioner memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,28; 2) Kinerja Madrasah di Madrasah Aliyah Negeri Se-Kabupaten Bogor dapat dikatakan tinggi, berdasarkan hasil pengolahan data dari penyebaran kuesioner memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,48; dan 3) Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah dengan Kinerja Madrasah di Madrasah Aliyah Negeri Se-Kabupaten Bogor, menurut hasil uji korelasi, memiliki nilai sebesar 0,000 < 0,05 yang menunjukkan bahwa ada korelasi dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,681 dan termasuk kategori kuat. Kepemimpinan Transformasional hubungannya dengan Kinerja Madrasah aliyah negeri Se-Kabupaten Bogor mengarah pada sifat positif dengan melihat correlation coefficient 0,681 tidak memiliki tanda negatif (-) di angka tersebut, maka hubungan kedua variabel ini searah dan memiliki arti semakin baik kepemimpinan transformasional kepala madrasah maka semakin baik pula kinerja madrasah. Kemudian nilai koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,374, yang artinya kontribusi Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah terhadap Kinerja Madrasah pada Madrasah Aliyah Negeri Se-Kabupaten Bogor sebesar 37,4%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah; Kinerja Madrasah;
Subjects: Islam > Islamic Leaders
Social Process > Leadership
Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Administration
Secondary Education > Upper Level Secondary School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muhammad Ghoris Arkan Mahasina
Date Deposited: 27 Jul 2023 02:24
Last Modified: 27 Jul 2023 02:24
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72539

Actions (login required)

View Item View Item