Tinjauan Hukum Pidana Islam dalam penerapan sanksi pidana pada putusan no.174/Pid.Sus/2020/PN.GRT tentang Konten Asusila yang melibatkan Anak

Luthfiah, Astried Annisa (2023) Tinjauan Hukum Pidana Islam dalam penerapan sanksi pidana pada putusan no.174/Pid.Sus/2020/PN.GRT tentang Konten Asusila yang melibatkan Anak. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. COVER.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
2. DAFTAR ISI.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
8. ABSTRAK.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
3. BAB I.pdf

Download (441kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[img] Text (BAB III)
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)
[img] Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)

Abstract

Salah satu hal negatif dalam penggunaan teknologi ialah penyebaran konten yang muatannya melanggar kesusilaan. Sebagaimana yang terjadi dalam Tindak Pidana Penyebaran Konten Asusila dalam putusan No.174/Pid.Sus/2020/PN. Grt yang dilakukan oleh terdakwa yang bernama Harisudin Sidiq Munandar serta memaksa korban untuk melakukan persetubuhan dengannya Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pertimbangan Hakim dalam Memutuskan Sanksi Tindak Pidana Konten Asusila yang Melibatkan Anak menurut Putusan Nomor 174/Pid.Sus/2020/PN.Garut dan sanksi tindak pidana Konten Asusila yang melibatkan anak dalam putusan 174/Pid.Sus/2020/PN Grt perspektif Hukum Pidana Islam. Kerangka pemikiran yang digunakan penulis dalam penelitian ini ialah teori maqashid syari’ah yang merupakan salah satu konsep paling penting dalam hukum islam. Teori maqashid syari’ah memiliki peranan penting dalam hukum islam yakni untuk mewujudkan kebaikan dan menghilangkan kemudhorothan. Penelitian ini menggunakan content analisis dengan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis ialah dengan penelitian kepustakaan dengan menggabungkan beberapa referensi terkait. Sumber data yang digunakan penulis dalam penelitian ini yaitu sumber data primer dari berkas Pengadilan Negeri Garut dengan nomor 174/Pid.Sus/2020/PN.Grt. Adapun sumber data sekunder yang penulis ambil ialah referensi-referensi lain yang terkait dengan penelitian ini.Dasar hukum bagi sanksi tindak pidana penyebaran konten asusila menurut pasal 27 yakni dengan ancaman sembilan tahun penjara. Sedangkan menurut hukum islam dengan hukuman ta’zir.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Asusila; Konten Asusila; Perlindungan Anak;
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Hukum Pidana Islam
Depositing User: Astried Annisa Luthfiah
Date Deposited: 27 Jul 2023 02:05
Last Modified: 27 Jul 2023 02:05
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72541

Actions (login required)

View Item View Item