Implementasi sistem informasi manajemen nikah dalam meningkatkan kualitas layanan : Studi deskriptif Kantor Urusan Agama Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang

Wahyuni, Ersa (2023) Implementasi sistem informasi manajemen nikah dalam meningkatkan kualitas layanan : Studi deskriptif Kantor Urusan Agama Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER 2.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK 2.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI 2.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (260kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (538kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kantor Urusan Agama menjadi salah satu unit yang bertugas sebagai pelaksana yang berada di bawah naungan Kementrian Agama serta harus bertanggungjawab terhadap Direktorat Jendral Bimbingan Masyarakat Islam, sedangkan untuk pelaksanaannya mendapatkan binaan dari kepala Kantor Wilayah Kabupaten/Kota. Salah satu pelayanan yang disarankan adalah Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH). SIMKAH merupakan sebuah sistem teknologi informasi yang sudah diberikan legalitas dari pemerintah, berdasarkan keuputusan Direktur Jendral Bimbingan Masyarakat Islam Nomor: DJ.II/369 Tahun 2013 berisi tentang Penerapan Sistem Informasi Manajemen Nikah pada Kantor Urusan Agama Kecamatan. Peneliti memiliki tujuan untuk mengetahui Penggunaan Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH), untuk mengetahui daya dukung Penggunaan Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH), dan untuk mengetahui Keunggulan dan Kelemahan Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH) di Kantor Urusan Agama Kecamatan Tanjungsari. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder serta melalui studi pustaka, dan buku-buku. Teori pendukungnya menurut Groetsh dan Davis (2009:58) berpendapat bahwa pelayanan adalah suatu kondisi yang dinamis yang terkait dengan barang jasa prosedur dan pengaturan yang memuaskan atau bahkan melampaui harapan pelanggan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan sistem informasi manajemen nikah (SIMKAH) di KUA Tanjungsari sudah diketahui oleh sebagian masyarakat, SIMKAH tersebut dirasa cukup membantu dalam proses penginputan data, pemeriksaan data dan pembayaran melalui billing. Daya dukung SIMKAH sudah maksimal seperti wifi dan keamanan akurasi data yang sudah masuk. Kelebihan SIMKAH menjadi lebih efektif dan efesien waktu pelayanan adapun kekurangan yang dimiliki seperti terhambatnya penginputan data, mengulang kembali data yang sudah masuk akibat terputusnya jaringan internet.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Sistem Informasi Manajemen Nikah; Kualitas Layanan
Subjects: General Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Ersa Wahyuni
Date Deposited: 27 Jul 2023 05:52
Last Modified: 27 Jul 2023 05:52
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72544

Actions (login required)

View Item View Item