Pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) dan Current Ratio (CR) terhadap Earning Per Share (EPS) pada perusahaan yang tercatat di Jakarta Islamic Index (JII) : Studi di PT. United Tractors Tbk. periode 2012-2022

Fauzan, Rahmat Engra (2023) Pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) dan Current Ratio (CR) terhadap Earning Per Share (EPS) pada perusahaan yang tercatat di Jakarta Islamic Index (JII) : Studi di PT. United Tractors Tbk. periode 2012-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (144kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (585kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (697kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh permasalahan Gap Research serta terjadi fenomena gap terhadap pergerakan Debt to Equity Ratio (DER) dan Current Ratio (CR) terhadap Earning Per Share (EPS) yang mengalami fluktuatif. Berinvestasi maka adanya risiko, maka para investor perlu menjalankan kajian pada perusahaan apakah perusahaan itu dalam kondisi baik atau tidaknya. Untuk mengetahui hal tersebut maka perlu menganalisis laba dimana dibagikan pada para pemegang saham Earning Per Share (EPS), utang perusahaan Debt to Equity Ratio (DER), serta tingkatan perusahaan didalam membayar kewajiban jangka pendeknya Current Ratio (CR). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan melihat tingkatan dampak Debt to Equity Ratio (DER) dan Current Ratio (CR) secara parsial dan simultan tehadap Earning Per Share (EPS) pada perusahaan PT. United Tractors Tbk. Periode 2012-2022. Kerangka pemikiran pada penilitan ini yakni Debt to Equity Ratio (DER) berdampak negatif pada Earning Per Share (EPS) serta Current Ratio (CR) berdampak positif pada Earning Per Share (EPS). Debt to Equity Ratio (DER) berpengaruh negatif dikarenakan perusahaan dapat membayar utang perusahaan dari hasil perolehan laba, Current Ratio (CR) berdampak positif dikarenakan perusahaan dapat membayar kewajiban jangka pendeknya. Pengaruh tersebut akan mencerimnkan perolehan laba yang tinggi yang diterima para pemegang saham. Metodologi yang digunakan oleh peneliti dengan metode analisis deskriptif pendekatan kuantitatif, data dipakai yaitu data sukender runtun waktu (time series) dimana diperoleh dari data diolah laporan keuangan PT. United Tractors Tbk. periode 2012-2022. Analisis yang dipakai yaitu analisis regresi sederhana, regresi berganda, korelasi pearson product moment (PPM), korelasi berganda, koefisien determinasi, serta uji analisis hipotesis. Hasil dari penelitian secara parsial Debt to Equity Ratio berdampak negatif tidak signifikan pada Earning Per Share nilai thitung -0,210 ≤ ttabel 2,262, dengan signifikan 0,838 > 0,05, hal ini sesuai dengan nisbah Ijarah yang ada sesuai dengan prinsip manajemen keuangan syariah. Current Ratio berdampak negatif tidak signifikan pada Earning Per Share nilai thitung -1,273 ≤ ttabel 2,262 serta nilai signifikan 0,235 > 0,05, hal ini tidak sesuai dengan nisbah Qardh yang ada sesuai dengan prinsip manajemen keuangan syariah. Secara simultan Debt to Equity Ratio serta Current Ratio pada Earning Per Share berdampak negatif tidak signifikan yang diperoleh Fhitung dan Ftabel adalah 1,358 < 4,459, dengan tingkat signifikansi 0,311 > 0,050, hal ini sesuai dengan nisbah Mudharabah sudah sesuai dengan prinsip manajemen keuangan syariah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Debt to Equity Ratio; Current Ratio; Earning Per Share;
Subjects: Financial Economics, Finance
Financial Economics, Finance > Investment
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Rahmat Engra Fauzan
Date Deposited: 28 Jul 2023 02:31
Last Modified: 28 Jul 2023 02:31
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72545

Actions (login required)

View Item View Item