Pengaruh bimbingan dan konseling individu terhadap peningkatan self esteem pada remaja: Penelitian pada siswa kelas VIII di MTs. Kifayatul Achyar

Kaltsum, Dewi Ummi (2022) Pengaruh bimbingan dan konseling individu terhadap peningkatan self esteem pada remaja: Penelitian pada siswa kelas VIII di MTs. Kifayatul Achyar. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (369kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB) | Request a copy

Abstract

Fase remaja merupakan masa yang berjalan dengan amat pesat dalam pertumbuhan juga perkembangannya yang akan dialami oleh semua individu dalam kehidupannya. Pertumbuhan dan perkembangan yang diarungi oleh remaja pada masa pencarian identitas dirinya dapat melahirkan permasalahan yang berpangkal kepada self esteemnya. Proses pencarian identitas diri ini akan berkaitan langsung dengan self esteem karena self esteem ialah salah satu di antara beberapa elemen konsep diri yang memiliki pengaruh amat besar dalam proses kehidupan yang sangat dibutuhkan untuk perkembangan. Tentunya pemberian bimbingan dan konseling individu kepada remaja yang sedang mencari jati dirinya dan menghadapi masalah sangatlah penting dan sangat diperlukan, agar mereka memiliki self esteem yang baik dan tidak salah arah. Berlandaskan perumusan masalah yang akan ditinjau pada penelitian ini, penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bimbingan dan konseling individu terhadap peningkatkan self esteem pada siswa kelas VIII di MTs. Kifayatul Achyar. Penelitian ini bertolak pada pemikiran Satriah yaitu bimbingan dan konseling ialah suatu proses pemberian bantuan psikologis dan kemanusiaan yang dilakukan secara ilmiah serta profesional yang diberikan oleh seorang konselor terhadap konseli agar dirinya bisa berkembang secara optimal, yakni dapat mengarahkan diri, memahami diri, serta mengaktualisasikan diri, sesuai dengan tahap perkembangan, semua sifat, seluruh potensi yang ia miliki, serta latar belakang lingkungan serta kehidupannya sehingga teraih kebahagiaan di dalam hidupnya. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang akan digunakan pada penelitin ini yaitu Pre-Experimental Design, dengan bentuk desainnya yakni One-Shot Case Study. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan metode observasi, wawancara, serta instrumen penelitian berupa angket/kuesioner. Hasil uji hipotesis memperlihatkan bahwa nilai variabel bimbingan dan konseling individu mempunyai nilai signifikansi sejumlah 0.000, nilai signifikansi ini lebih kecil dari 0.05. Untuk t_(hitung) sebanyak 14.223 > t_(tabel) (2.064) maka variabel bimbingan dan konseling individu berpengaruh terhadap peningkatan variabel Self Esteem. Sehingga hipotesis H_1: terdapat pengaruh signifikan dari variabel Bimbingan dan Konseling Individu terhadap peningkatan variabel Self Esteem “diterima”. Berdasarkan hasil koefisien determinasi, ditemukan nilai koefisien determinasinya yakni sebanyak 0,894 / 89,4%. Hal tersebut menunjukkan bahwa bimbingan dan konseling individu berpengaruh sangat signifikan secara parsial pada self esteem sebanyak 89,4%. Sedangkan sisanya sebesar (100% - 89,4% = 10,6%) itu dipengaruhi dengan variabel lain diluar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Remaja; Bimbingan dan Konseling Individu; Self Esteem
Subjects: The Self
Conscious Mental Process and Intelligence > Thought, Thinking, Reasoning, Intuition, Value, Judgment
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Dewi Ummi Kaltsum
Date Deposited: 27 Jul 2023 00:53
Last Modified: 27 Jul 2023 00:53
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72560

Actions (login required)

View Item View Item