Lafazh awalan doa para Nabi dalam Al-Quran

Fathonah, Tsania Siti (2023) Lafazh awalan doa para Nabi dalam Al-Quran. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (530kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (912kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (812kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB) | Request a copy

Abstract

Doa bagi setiap muslim adalah bagian yang tak bisa terpisahkan dari kehidupan sehari-hari, saat seseorang memiliki keraguan dalam melakukan suatu amalan, ia akan berdoa untuk mendapatkan petunjuk karena doa adalah harapan. Saat seseorang merasa sedang ada dalam situasi mengancam dan berbahaya, ia akan berdoa agar mendapat keamanan, karena doa adalah istghatsah (meminta pertolongan). Dalam alQuran banyak sekali ayat yang mengabadikan doa para Nabi saat berada dalam situasi tertentu, baik dalam situasi senang maupun susah. Penelitian ini memabahas doa para Nabi yang diabadikan dalam alQuran dan menjadi contoh bagi seorang muslim saat berdoa. Dalam alQuran, doa para Nabi tersebut memiliki perbedaan pada lafazh yang digunakan. Ada yang mengawali doa dengan Allahumma, rabbi atau rabbana. Penelitian ini tentunya terlahir dari sebuah pemikiran mengenai pentingnya sebuah doa bagi kehidupan manusia. Doa yang dipanjatkan sangat perlu diperhatikan dalam penyusunan kata yang digunakan saat berdoa agar dapat tersampaikan dengan baik. Maka tentu penelitian ini sangat dibutuhkan guna menunjukkan berbagai macam doa para Nabi dalam alQuran yang bisa kita ikuti. Penelitian ini, penulis menggunakan penelitian jenis kualitatif dan menggunakan Library research atau studi pustaka sebagai teknik pengumpulan data, kemudian metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis isi ( content analysis ). Doa para Nabi dalam alQuran diawali dengan beberapa ladazh yaitu; Allahumma, rabbi dan rabbana. Doa yang dipanjatkan dengan lafazh Allahumma menunjukkan sebuah pengharapan kepada Tuhan yang menyandang aneka sifat-sifat kesempurnaan, baik sifat yang dapat berdampak kepada makhluk-Nya ataupun sifat yang tidak berdampak pada makhlukNya. Sedangkan doa yang dipanjatkan dengan lafazh rabbana ataupun rabbi, hanya ditekankan pada sifat-sifat-Nya yang berdampak pada makhluk-Nya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Doa Nabi; Al-Quran; Tafsir Maudhu'i; Lafazh Doa Nabi
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Tafsir Al-Qur'an
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kumpulan Ayat-ayat dan Surat-surat Tertentu dalam Al-Qur'an
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kandungan Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Tsania Siti Fathonah
Date Deposited: 27 Jul 2023 02:52
Last Modified: 27 Jul 2023 02:52
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72564

Actions (login required)

View Item View Item