Strategi pemenangan Hamzah sebagai calon legislatif Partai Amanat Nasional pada pemilu 2019 : Studi kasus kemenangan Hamzah sebagai calon legislatif DPRD Kabupaten Garut di Dapil 4

Gunawan, Ujang (2023) Strategi pemenangan Hamzah sebagai calon legislatif Partai Amanat Nasional pada pemilu 2019 : Studi kasus kemenangan Hamzah sebagai calon legislatif DPRD Kabupaten Garut di Dapil 4. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi (2).pdf

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (518kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (567kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy

Abstract

Strategi pemenangan calon legislatif yaitu rencana yang telah dipersiapkan oleh calon legislatif beserta tim pemenangannya secara matang dalam kurun waktu yang lama untuk mensukseskan suatu pemilihan umum guna menuju suatu kemenangan. Penelitian ini tentang strategi pemenangan Hamzah dalam pemilihan calon legislatif Kabupaten Garut tahun 2019. Hamzah merupakan caleg dari Partai Amanat Nasional Kabupaten Garut, yang tepilih menduduki kursi DPRD Kabupaten Garut Periode 2019-2024 dengan perolehan suara sebanyak 12. 060 suara. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui strategi pemenangan Hamzah dalam Pemilihan Calon Legislatif Kabupaten Garut tahun 2019 (2) Mengetahui pelaksanaan strategi pemenangan Hamzah dalam Pemilihan Calon Legislatif Kabupaten Garut tahun 2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif. Sumber data penelitian meliputi sumber data primer dan sekunder alat dan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Data penelitian yang telah terkumpul kemudian dianalisis meliputi pengumpulan data; penyajian data; dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemenangan Hamzah yaitu dengan pembentukan tim, perumusan program kerja, pemetaan massa, branding dan positioning, strategi marketing politik, komunikasi politik, kampanye politik dengan menggunakan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, Threats), serta pendekatan terhadap masyarakat, pemuda pemudi, ormas dan komunitas, tokoh masyarakat dan tokoh agama. Faktor pendukung sosok Hamzah di kenal masyarakat sebagai sosok yang berpengaruh di masyarakat, dikarenakan Hamzah dan keluarga selalu menjadi solusi atas permasalahan dan kebutuhan masyarakat, sehingga mendapat dukungan dari masyarakat Kabupaten Garut Khususnya dapil IV. Saran penulis dalam penelitian ini yaitu bagi caleg terpilih kiranya dapat melaksanakan seluruh program-programnya semasa kampanye dulu serta hal-hal yang dapat membawa kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Garut khususnya dapil IV.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemenangan; Calon Legislatif; Pemilihan Anggota Legislatif DPRD
Subjects: Political Process > Campaigns and Parties in Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Politik
Depositing User: ujang gunawan
Date Deposited: 27 Jul 2023 02:15
Last Modified: 27 Jul 2023 02:15
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72580

Actions (login required)

View Item View Item