Pengaruh Total Current Liabilities dan Total Non Current Liabilities terhadap Return on assets (ROA) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT. Alakasa Industrindo 2013-2022

Hakim, Furqon Abdul (2023) Pengaruh Total Current Liabilities dan Total Non Current Liabilities terhadap Return on assets (ROA) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT. Alakasa Industrindo 2013-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover_Furqon_1199230058.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak Furqon.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi Furqon.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
Bab 1 Furqon.pdf

Download (172kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB 2 Furqon.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3 Furqon.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4 Furqon.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5 Furqon.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka_Furqon Abdul Hakim_1199230058.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)

Abstract

Profitabilitas merupakan kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba yang dapat digunakan untuk mengembalikanhutang dan bunga pinjaman. Perusahaan dengan tingkat profitabilitas tinggi biasanya menggunakan hutang dalam jumlah sedikit dibandingkan dengan perusahaan dengan tingkat profitabilitas yang rendah karena perusahaan dengan tingkat pengembalian yang tinggi memungkinkan untuk membiayai sebagian besar kebutukan pendanaan dengan dana yang dihasilkan secara internal. Sebaliknya pada tingkat profitabilitas yang rendah, perusahaan akan menggunakan hutang untuk membiayai operasionalnya. Total Current Liabilities kecil mencerminkan bahwa Return On Assets (ROA) yang dimiliki besar. Permasalahan muncul ketika Total Current Liabilities dan Total Non Current Liabilities yang diperoleh tinggi, tetapi Return On Assets (ROA) yang dihasilkan justru tinggi apapun sebaliknya, seperti terjadi pada PT. Alakasa Industrindo, Tbk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Total Current Liabilities secara parsial terhadap Return On Assets (ROA) PT. Alakasa Industrindo, Tbk, Pengaruh Total Non Current Liabilities secara parsial terhadap Return On Assets (ROA) PT. Alakasa Industrindo, Tbk, dan pengaruh Total Current Liabilities dan Total Non Current Liabilities secara simultan terhadap Return On Assets (ROA) PT. Alakasa Industrindo Tbk. Kerangka terori yang dipakai pada penelitian ini merujuk pada teori yang menyatakan bahwa semakin tinggi Total Current Liabilities dan Total Non Current Liabilities, maka semakin rendah pula terhadap Return On Assets (ROA) Metode penelitian ini memakai metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang dipakai adalah dengan sekunder yang berupa laporan keuangan PT. Alakasa Industrindo Tbk PERIODE 2013-2022 yang berasal dari halaman halam Website resmi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Total Current Liabilities (TCL) secara parsial berpengaruh terhadap Return on Asset (ROA) dengan koefisien determinasi 67,24% dan thitung sebesar 1,425. Sedangkan Total Non Current Liabilities (TNCL) secara parsial tidak berpengaruh terhadap Return on Asset (ROA) dengan koefisiensi determinasi 3,42% dan thitung sebesar 0,848. Dan pada hal yang sama pengaruh Total Current Liabilities (TCL) dan Total Current Liabilities (TNCL) berpengaruh terhadap Return on Asset (ROA) yakni Fhitung sebesar 1,021 dan koefisiensi determinasi 22,56%, sisanya 77,44% merupakan persentasi dari faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Total Current Liabilities; Total Non Current Liabilities; Return on assets (ROA)
Subjects: Administration of Economy
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Furqon Abdul Hakim
Date Deposited: 27 Jul 2023 03:09
Last Modified: 27 Jul 2023 03:09
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72588

Actions (login required)

View Item View Item