Peran LAZ Rumah Amal Salman dalam memecahkan masalah ekonomi masyarakat : Studi deskriptif program Layanan Dasar dan Kemanusiaan

Amanah, Fauziah Rozaq Khoerul (2023) Peran LAZ Rumah Amal Salman dalam memecahkan masalah ekonomi masyarakat : Studi deskriptif program Layanan Dasar dan Kemanusiaan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (277kB) | Preview
[img] Text
4_bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (637kB)
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB)
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (754kB)
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[img] Text
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)

Abstract

Permasalahan ekonomi masyarakat sebagai persoalan yang paling mendasar dalam memenuhi kebutuhan hidup. LAZ Rumah Amal Salman melalui programnya membantu masyarakat dalam memecahkan masalah ekonomi untuk memenuhi kebutuhan dasar hidup dan memperbaiki tatanan kehidupan sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran LAZ Rumah Amal Salman dalam memecahkan masalah ekonomi masyarakat di Kota Bandung. Penelitian ini mengkaji program yang dijalankan LAZ Rumah Amal Salman yaitu program layanan dasar dan kemanusiaan, membahas proses pelaksanaan dan hasil dari program dalam memecahkan masalah ekonomi masyarakat. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori peran menurut Ahmadi (2007: 105), menyatakan bahwa peran merupakan seperangkat harapan manusia terhadap individu dalam menghadapi situasi berdasarkan kedudukan (status) dan fungsi sosial. Kaitannya teori dengan penelitian ini adalah masalah ekonomi yang dimiliki mustahik dapat dibantu dalam menyelesaikannya oleh LAZ Rumah Amal Salman. Metode yang digunakan didalam penelitian ini adalah metode desktriptif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitiatif. Teknik analisis data melalui pengumpulan data, penyajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwasanya program yang dilaksanakan oleh LAZ Rumah Amal Salman dalam memecahkan masalah ekonomi masyarakat dapat berjalan dengan baik dan memberikan dampak positif bagi penerima manfaat. Adapun hasil dari program ini dapat dilihat sebagai berikut: terjadinya pemerataan pendapatan masyarakat, peningkatan kemandirian, dan lain-lain. : pertama, tercukupinya kebutuhan mustahik. Kedua, berkurangnya beban pengeluaran yang dimiliki mustahik. Ketiga, terwujudnya mustahik mandiri dalam mencari sumber pendapatan untuk kehidupannya. Keempat, meningkatkan kinerja mustahik sebagai pelaku usaha. Hal ini menunjukkan bahwa LAZ Rumah Amal Salman sangat berperan penting dalam memecahkan masalah ekonomi masyarakat di Kota Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peran; Lembaga; Ekonomi Masyarakat
Subjects: Econmics > Economic Situation and Conditions
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Fauziah Rozaq Khoerul Amanah
Date Deposited: 27 Jul 2023 03:16
Last Modified: 27 Jul 2023 03:16
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72590

Actions (login required)

View Item View Item