pengaruh Non Performing Financing (NPF), Net Operating Margin (NOM) dan Financing to Deposit Ratio (FDR) terhadap Return On Assets (ROA) : Studi pada Unit Usaha Syariah (UUS) pada bank Swasta Nasional tahun 2019 -2021

Yustini, Nurul (2023) pengaruh Non Performing Financing (NPF), Net Operating Margin (NOM) dan Financing to Deposit Ratio (FDR) terhadap Return On Assets (ROA) : Studi pada Unit Usaha Syariah (UUS) pada bank Swasta Nasional tahun 2019 -2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (495kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (657kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (793kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (916kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan perbankan syariah bertumbuh seiring dengan pertumbuhan perekonomian di Indonesia. Dilihat dari pertumbuhan asset dan penyaluran dana yang meningkat pada perbankan syariah khususnya dalam penelitian ini adalah Unit Usaha Syariah, menunjukkan minat masyarakat terhadap perbankan syariah terus berkembang. Oleh karena itu, bank perlu mempertahankan kinerjanya yang dapat tercermin dari laporan keuangannya, dengan mempertinmbankan rasio-rasio keuangan, terutama dengan melihat profit yang diperoleh. Return on Asset merupakan rasio yang dapat mencerminkan bagaimana kinerja bank dalam mengelola asset dalam memperoleh keuntungan. Return on Asset dapat dipengaruhi bebereapa rasio lain diantaranya Non Performing Financing (NPF), Net Operating Margin (NOM) dan Financing to Deposit Ratio (FDR). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana variabel Non Performing Financing (NPF), Net Operating Margin (NOM) dan Financing to Deposit Ratio (FDR) mempengaruhi Return On Assets (ROA) pada Unit Usaha Syariah Bank Swasta Nasional Tahun 2019-2021. Variabel tersebut merupakan rasio-rasio yang dapat membantu dalam memperhitungkan kinerja bank di dalam laporan keuangan. Penelitian dilakukan dengan metode penelitian deskriptif dan pendekatan kuantitatif. Bersumber dari data sekunder pada laporan keuangan triwulan, dengan menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 6 unit usaha syariah pada bank swasta nasional. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan studi kepustakaan. Teknik analisis data dengan analisis deskriptif, asumsi klasik, analisis asosisatif dengan regresi linier berganda, lalu analisis korelasi berganda, analisis koefisien determinasi berganda, serta uji t dan uji f. Hasil penelitian menjunukkan bahwa Non Performing Financing (NPF) secara parsial berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Return On Assets (ROA). Lalu Net Operating Margin (NOM) berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap Return On Assets (ROA) secara parsial. Financing to Deposit Ratio (FDR) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Return On Assets (ROA). Dan hasil uji f menunjukkan bahwa seluruh variabel Non Performing Financing (NPF), Net Operating Margin (NOM), dan Financing to Deposit Ratio (FDR) berpengaruh dengan signifikan, serta dapat menjelaskan perubahan sebesar 75% terhadap Return On Assets (ROA) berdasarkan nilai koefisien determinasinya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Non Performing Financing; Net Operating Margin; Financing to Deposit Ratio; Return On Assets
Subjects: Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Yustini Nurul
Date Deposited: 27 Jul 2023 06:46
Last Modified: 27 Jul 2023 06:46
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72597

Actions (login required)

View Item View Item