Implementasi komunikasi efektif pada anak melalui tayangan film animasi Islami Nussa Series episode Insyaallah dan episode Hadiah dari Rara : Studi pada siswa MDTA Hikmatul Jawari Kabupaten Bandung

Ramadhan, Dian (2023) Implementasi komunikasi efektif pada anak melalui tayangan film animasi Islami Nussa Series episode Insyaallah dan episode Hadiah dari Rara : Studi pada siswa MDTA Hikmatul Jawari Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover (2).pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak (2).pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1 (5).pdf

Download (400kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi membawa dampak negatif bagi anak-anak, anak-anak dengan usia 10-12 tahun sudah diberikan keleluasaan menggunakan handphone. Menghabiskan waktu bermain handphone menjadi kegiatan yang lebih menarik bagi anak-anak dibanding mengikuti kegiatan belajar disekolah. Kegiatan komunikasi yang dilakukan di sekolah harus membuat anak-anak kembali merasakan suasana belajar yang menarik yaitu dengan cara memanfaatkan media komunikasi yang lebih modern salah satunya melalui film animasi. Salah satu film animasi karya anak negeri yang di dalamnya terdapat pesan dakwah adalah film animasi Islami Nussa Series. Animasi Islami Nussa Series setiap episode nya memuat nilai nilai keislaman, memberikan pelajaran dan nasihat. Sehingga film animasi bukan hanya sebagai hiburan juga apat menambah wawasan bagi anak-anak. Tujuan penelitian ini antara lain: Pertama, untuk mengetahui pengertian anak terhadap tayangan film animasi Islami Nussa Series. Kedua, untuk mengetahui kesenangan yang didapatkan anak setelah menonton tayangan film animasi Nussa series. Ketiga, untuk mengetahui perhatian anak terhadap tayangan film animasi Islami Nussa series. Keempat, untuk mengetahui perubahan sikap anak setelah menonton tayangan film animasi Islami Nussa series. Kelima, untuk mengetahui tindakan anak setelah menonton tayangan film animasi Nussa series. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini yaitu paradigma konstruktivisme yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi komuniaksi efektif dibangun dalam tayangan film animasi Islami. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teori yang digunakan adalah teori komunikasi efektif model Tubbs dan Moss yang menjelaskan bahwa komunikasi yang efektif setidaknya memuat lima indikator yaitu timbul pengertian, timbul kesenangan, timbul perhatian, mempengaruhi sikap, dan timbul tindakan. Hasil penelitian yang ditulis menunjukan bahwa tayangan animasi Islami Nussa Series episode Insyaallah dan episode Hadiah dari Rara pertama menimbulkan pengertian namun diperlukan pertanyaan pengantar serta perlunya pendampingan guru atau orang tua saat anak-anak menonton. Kedua, timbul kesenangan terhadap anak-anak melalui pesan yang disampaikan, tokoh, suara tokoh, serta gambar atau tampilan yang disajikan. Ketiga, perhatian yang ditunjukan oleh anak-anak dengan usia 11 dan 12 tahun, dan perhatian yang tinggi ditunjukan oleh anak-anak dengan usia 10 tahun. Keempat, terdapat perubahan sikap pada anak-anak yaitu adanya kebiasaan baru dan saling mengingatkan. Kelima, timbul tindakan pada anak-anak yaitu sering mengucapkan InsyaAllah ketika memiliki janji dan smaualing berbagi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: komunikasi efektif; anak-anak; film animasi;
Subjects: Communications Telemunications > Television Broadcasting
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Dian Dian Ramadhan
Date Deposited: 28 Jul 2023 02:37
Last Modified: 28 Jul 2023 02:37
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72601

Actions (login required)

View Item View Item