Strategi dakwah Kantor Urusan Agama dalam membina keluarga Sakinah di Kecamatan Cimahi Selatan : Studi deskriptif di Kantor Urusan Agama Kecamatan Cimahi Selatan

Utami, Alifa Febri (2023) Strategi dakwah Kantor Urusan Agama dalam membina keluarga Sakinah di Kecamatan Cimahi Selatan : Studi deskriptif di Kantor Urusan Agama Kecamatan Cimahi Selatan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (Cover)
Cover.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI ALIFA.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf

Download (499kB) | Preview
[img] Text (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[img] Text (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (586kB)
[img] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Sebagaimana ditegaskan dalam keputusan Menteri Agama nomor 571 tahun 2001 bahwa Kantor Urusan Agama bertugas melaksanakan sebagian tugas kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota bidang urusan agama di wilayah Kecamatan. Untuk mewujudkan sebagian tugas Kantor Urusan Agama (KUA) maka, perlunya strategi dakwah, strategi untuk meminimalisir masalah yang akan terjadi dimasa mendatang sehingga tujuan dakwahnya sesuai dengan yang diharapkan. Sehingga dalam memberikan pembinaan keluarga sakinah kepada masyarakat dapat menyeluruh sehingga masyarakat dapat membangun keluarga yang sakinah yang di ridho Allah. Metode penelitian yang digunakan peneliti yaitu dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder serta melalui studi pustaka, buku-buku, majalah yang berhubungan dengan tema penelitian dan diperoleh dari dokumentasi. Dalam penelitian tersebut merujuk kepada salah satu teori penguat menurut Didin Hafiduddin (1998: 70-75) berpendapat bahwa Strategi merupakan tindakan (rangkaian kegiatan dakwah) termasuk penggunaan metode dan pemanfaatan berbagi sumber daya dan kekuatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi dakwah di KUA Kecamatan Cimahi Selatan melalui bimbingan perkawinan, yaitu pertama, metode yang digunakan dalam bimbingan perkawinan 1) metode andragogi, 2) ceramah, 3) diskusi, 4) bermain peran, dan 5) tanya jawab. Kedua, pemanfaatan berbagai sumber daya yang ada di KUA Kecamatan Cimahi Selatan meliputi 1) program kerja pegawai penyuluh, 2) media bimbingan perkawinan, dan 3) materi bimbingan perkawinan. Ketiga, faktor-faktor pendukungnya yaitu menggunakan metode yang beragam, memiliki penyuluh yang berkompeten di bidangnya, waktu pembinaan yang dilakukan di KUA Kecamatan Cimahi Selatan yang singkat, dan sudah adanya media bimbingan perkawinan. Sedangkan faktor penghambat nya adalah pasangan calon pengantin kurang memahami fungsi dan manfaat bimbingan keluarga sakinah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi Dakwah; Bimbingan Perkawinan; Pembinaan Keluarga Sakinah; Kantor Urusan Agama
Subjects: Islam
Islam > Da'wah
General Management
General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Alifa Febri Utami
Date Deposited: 27 Jul 2023 06:42
Last Modified: 27 Jul 2023 06:42
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72608

Actions (login required)

View Item View Item