Peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan hasil belajar tahfidz Al-Qur'an : Penelitian Mix Methods di kelas V MI Al-Misbah Kota Bandung

Maulida, Puput Rizkiyani (2023) Peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan hasil belajar tahfidz Al-Qur'an : Penelitian Mix Methods di kelas V MI Al-Misbah Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (732kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (576kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (688kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik kelas V-B MI Al-Misbah Kota Bandung yang sebagian besar memiliki hasil belajar tahfidz Al-Qur‟an rendah dengan nilai rata-rata 74,39 dan kurang memiliki motivasi dalam pembelajaran tahfidz Al-Qur‟an. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan hasil belajar tahfidz Al-Qur‟an siswa kelas V MI Al-Misbah. 2) Faktor pendukung dan faktor penghambat yang dihadapi keberhasilan guru sebagai motivator dalam meningkatkan hasil belajar tahfidz al-qur‟an siswa kelas V MI Al-Misbah. 3) Hasil belajar tahfidz al-qur‟an siswa kelas V MI Al-Misbah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu mix methods dengan pendekatan penelitian campuran yaitu kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, dokumentasi dan tes unjuk kerja. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terbagi menjadi dua jenis yaitu teknik analisis non statistic yang meliputi reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Sedangkan teknik analisis yang kedua yaitu teknik analisis statistic yang meliputi editing, tabulating dan analiting. Hasil penelitian diperoleh: 1) Peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan hasil belajar tahfidz Al-Qur‟an sudah berjalan dengan baik dan tergolong dalam kategori tinggi dengan persentase hasil angket sebesar 65,21% dengan frekuensi sebanyak 15 responden. Peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan hasil belajar tahfidz Al-Qur'an siswa kelas V-B MI Al-Misbah Kota Bandung yang sudah berjalan dengan baik diantaranya yaitu memberikan nilai sesuai dengan kemampuan siswa, memberikan tes unjuk kerja hafalan Al-Qur‟an, memberikan pujian dan hukuman yang wajar, memberitahukan hasil belajar tahfidz Al-Qur‟an, dan menumbuhkan ego-involvement atau kesadaran akan pentingnya menghafal Al-Qur‟an dengan cara menjelaskan keutamaan-keutamaan menghafal Al-Qur‟an. 2) Faktor pendukung dan faktor penghambat yang dihadapi keberhasilan guru sebagai motivator dalam meningkatkan hasil belajar tahfidz Al-Qur‟an siswa kelas V MI Al-Misbah Kota Bandung meliputi faktor pendukung dari dalam diri siswa (internal) yaitu niat, semangat, percaya diri, optimis, tanggung jawab dan konsisten dalam menghafal. Dan faktor pendukung dari luar diri siswa (eksternal) yaitu kesabaran guru. Sedangkan faktor penghambat dari dalam diri siswa (internal) yaitu siswa mudah bosan, hilang konsentrasi dan ketidakhadiran siswa. Dan faktor penghambat dari luar diri siswa (eksternal) yaitu waktu pembelajaran terbatas dan kurang adanya kerjasama antara guru dengan orang tua siswa. 3) Hasil belajar tahfidz Al-Qur‟an siswa kelas V MI Al-Misbah Kota Bandung cukup baik dengan nilai rata-rata 77,86.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru; Motivator; Hasil Belajar
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Puput Rizkiyani Maulida
Date Deposited: 27 Jul 2023 06:23
Last Modified: 27 Jul 2023 06:23
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72619

Actions (login required)

View Item View Item