Bimbingan ibadah melalui metode pembiasaan untuk meningkatkan amalan shalat wajib siswa Tunagrahita : Penelitian di SMP SLB Negeri Kecamatan Cileunyi

Rakhmat, Muhamad Ridhwan Nur (2023) Bimbingan ibadah melalui metode pembiasaan untuk meningkatkan amalan shalat wajib siswa Tunagrahita : Penelitian di SMP SLB Negeri Kecamatan Cileunyi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi Penyandang tunagrahita membutuhkan agama untuk kedamaian dalam hidupnya, dan agama dapat menyelaraskan kebutuhan lainnya. Pemenuhan kebutuhan keagamaan setiap orang dapat dicapai melalui kegiatan penyuluhan dengan pendekatan agama Islam. Bimbingan berbasis Islam adalah proses pemberian bantuan untuk mendorong individu melalui pendekatan agama Islam sehingga individu dapat memperoleh kebahagiaan di dunia dan di kehidupan yang akan datang. Pengetahuan agama dapat mempengaruhi banyak aspek kehidupan, khususnya Islam. Karena Islam adalah way of life yang sumber utamanya adalah Al-Qur'an dan As-Sunnah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi amalan shalat siswa tunagrahita di SLB Negeri Kecamatan Cileunyi, untuk menggunakan metode pembiasaan dalam bimbingan ibadah shalat pada siswa tunagrahita tingkat SMP di SLB Negeri Kecamatan Cileunyi, dan untuk mengembangkan nilai-nilai amana shalat wajib siswa tunagrahita tingkat SMP di SLB Negeri Kecamatan Cileunyi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, pendekatan kualitatif adalah penelitian yang menghasilkan dan mengolah data deskriptif yang menggambarkan atau menggambarkan secara sistematis dan akurat tentang suatu fenomena atau hubungan antara fenomena yang diteliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode pembiasaan dalam bimbingan ibadah shalat memiliki dampak yang signifikan terhadap peningkatan amalan shalat wajib pada siswa tunagrahita. Melalui pendekatan yang terstruktur dan berulang, siswa tunagrahita mampu mempelajari dan mempraktikkan tata cara berwudhu dan melaksanakan shalat dengan lebih baik. Metode pembiasaan ini memberikan kesempatan bagi siswa untuk terbiasa dan terlatih secara berulang dalam melakukan ibadah shalat, sehingga meningkatkan pemahaman dan keterampilannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Ibadah; Metode Pembiasaan; Tunagrahita
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Shalat Wajib
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Muhammad Ridhwan Nur Rakhmat
Date Deposited: 28 Jul 2023 01:50
Last Modified: 28 Jul 2023 01:50
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72628

Actions (login required)

View Item View Item