Peran komunitas Gerakan Mengajar Desa dalam mengembangkan pendidikan masyarakat : Studi deskriptif : Pengabdian Tutor Inspiratif Gerakan Mengajar Desa 1.0 Di Desa. Sukasari Kecamatan. Cilaku Kabupaten. Cianjur

Abdulatip, Moch. Ikhsan (2023) Peran komunitas Gerakan Mengajar Desa dalam mengembangkan pendidikan masyarakat : Studi deskriptif : Pengabdian Tutor Inspiratif Gerakan Mengajar Desa 1.0 Di Desa. Sukasari Kecamatan. Cilaku Kabupaten. Cianjur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (246kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)

Abstract

Indonesia dinobatkan sebagai negara yang mempunyai komunitas terbanyak didunia yaitu sekitar 395.000 komunitas, serta pendidikan memiliki peran krusial dalam pembangunan suatu negara. Di Indonesia, pendidikan dianggap sebagai salah satu pilar utama dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan mencapai pembangunan yang berkelanjutan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1). Sistematika program pengabdian yang dilakukan oleh (GMD) dalam mengembangkan pendidikan masyarakat, 2). Tahapan pelaksanaan program pengabdian yang dilakukan oleh (GMD), dan 3). Hambatan dan hasil dari pelaksanaan pengabdian yang dilakukan oleh komunitas (GMD). Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori dari Soerjono Soekanto (2002:243) menggambarkan peran sebagai aspek dinamis dari kedudukan atau status seseorang. Konsep peran ini mengacu pada tindakan atau perilaku yang dilakukan oleh individu sesuai dengan kedudukan atau posisinya dalam suatu konteks sosial. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan menggunakan pendekatan kualitatif. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Metode ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara sistematis fakta atau karakteristik bidang tertentu secara faktual dan cermat. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa komunitas gerakan mengajar desa telah menjalankan peranannya sebagai komunitas yaitu dalam menjalankan program-program pengabdian, dan dilakukan secara terorganisir dengan baik, meliputi perencanaan, implementasi, dan evaluasi program secara terstruktur.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peran; Komunitas; Pendidikan Masyarakat.
Subjects: Communities
Communities > Community Sociology
Education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Moch Ikhsan Abdulatip
Date Deposited: 28 Jul 2023 01:59
Last Modified: 28 Jul 2023 01:59
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72652

Actions (login required)

View Item View Item