Abdulatip, Moch. Ikhsan (2023) Peran komunitas Gerakan Mengajar Desa dalam mengembangkan pendidikan masyarakat : Studi deskriptif : Pengabdian Tutor Inspiratif Gerakan Mengajar Desa 1.0 Di Desa. Sukasari Kecamatan. Cilaku Kabupaten. Cianjur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (79kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (246kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (287kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (403kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (82kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) |
Abstract
Indonesia dinobatkan sebagai negara yang mempunyai komunitas terbanyak didunia yaitu sekitar 395.000 komunitas, serta pendidikan memiliki peran krusial dalam pembangunan suatu negara. Di Indonesia, pendidikan dianggap sebagai salah satu pilar utama dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan mencapai pembangunan yang berkelanjutan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1). Sistematika program pengabdian yang dilakukan oleh (GMD) dalam mengembangkan pendidikan masyarakat, 2). Tahapan pelaksanaan program pengabdian yang dilakukan oleh (GMD), dan 3). Hambatan dan hasil dari pelaksanaan pengabdian yang dilakukan oleh komunitas (GMD). Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori dari Soerjono Soekanto (2002:243) menggambarkan peran sebagai aspek dinamis dari kedudukan atau status seseorang. Konsep peran ini mengacu pada tindakan atau perilaku yang dilakukan oleh individu sesuai dengan kedudukan atau posisinya dalam suatu konteks sosial. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan menggunakan pendekatan kualitatif. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Metode ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara sistematis fakta atau karakteristik bidang tertentu secara faktual dan cermat. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa komunitas gerakan mengajar desa telah menjalankan peranannya sebagai komunitas yaitu dalam menjalankan program-program pengabdian, dan dilakukan secara terorganisir dengan baik, meliputi perencanaan, implementasi, dan evaluasi program secara terstruktur.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran; Komunitas; Pendidikan Masyarakat. |
Subjects: | Communities Communities > Community Sociology Education |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam |
Depositing User: | Moch Ikhsan Abdulatip |
Date Deposited: | 28 Jul 2023 01:59 |
Last Modified: | 28 Jul 2023 01:59 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72652 |
Actions (login required)
View Item |