Pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Return On Equity (ROE) pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) : Studi di PT. Unilever Indonesia Tbk. periode 2013-2022

Rhamadan, Rizky Aditiya (2023) Pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Return On Equity (ROE) pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) : Studi di PT. Unilever Indonesia Tbk. periode 2013-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (578kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (589kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan pada Return On Equity perusahaan Unilever Indonesia yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) pada tahun 2013-2022 yang terlihat fluktuatif. Return On Equity sebagai alat ukur profitabilitas perusahaan dipergunakan untuk mengukur keberhasilan dalam menghasilkan keuntungan bagi pemegang saham. Return On Equity diduga dipengaruhi oleh Current Ratio serta Debt To Equity Ratio. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh dari kinerja keuangan yang terdiri dari Current Ratio dan Debt To Equity Ratio baik secara parsial maupun simultan terhadap Return On Equity dalam perusahaan Unilever Indonesia yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) pada tahun 2013-2022. Kerangka berpikir penelitian adanya hubungan saling pengaruh terhadap Current Ratio dan Debt to Equity Ratio terhadap Return On Equity. Namun Return On Equity dapat dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti. Metode yang digunakan penelitian ini yaitu analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif verifikatif. Data yang digunakan yaitu data sekunder runtutan waktu (time series) data yang diperoleh dari laporan keuangan PT. Unilever Indonesia Tbk. Periode 2013-2022. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis uji asumsi klasik, serta uji asosiatif dan untuk pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS For Windows 25.0 dan Microsoft Excel 2016 sebagai penunjang dalam pengolahan data. Hasil penelitian menunjukan Current Ratio secara parsial berpengaruh tidak signifikan terhadap Return On Equity dengan nilai t_(hitung ) sebesar 0,638 dengan nilai probabilitas sebesar 0,541. Menunjukan bahwa pemberlakuan nisbah qardh yang ada sudah sesuai dengan prinsip manajemen keuangan syariah. Sedagkan Debt Equity Ratio secara parsial berpengaruh tidak signifikan terhadap Return On Equity dengan nilai t_(hitung ) sebesar -0,583 dan probabilitas sebesar 0,576. Menunjukan bahwa pemberlakuan nisbah mudharabah yang ada sudah sesuai dengan prinsip manajemen keuangan syariah. Secara simultan Current Ratio dan Debt Equity Ratio berpengaruh tidak signikan terhadap Return On Equity dengan nilai f_(hitung ) sebesar 0,185 serta F-statistic sebesar 0,835. Hal ini membuktikan bahwa pemberlakuan nisbah murabahah yang ada sudah sesuai dengan prinsip manajemen keuangan syariah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio (CR); Debt to Equity Ratio (DER); Return on Equity (ROE)
Subjects: General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Rizky Aditiya Rhamadan
Date Deposited: 28 Jul 2023 01:57
Last Modified: 28 Jul 2023 01:57
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72667

Actions (login required)

View Item View Item