Lestari, Yuyun (2023) Kampanye Public Relations program WAKEPO sebagai upaya mempermudah layanan informasi Kabupaten Sumedang : Studi deskriptif pada Diskominfosanditik Kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (141kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (219kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (451kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (533kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (213kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (223kB) | Request a copy |
Abstract
Dinas Komunikasi dan Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfosanditik) Kabupaten Sumedang merupakan lembaga pemegang peranan fungsi di bidang penyelenggara pelayanan informasi dan layanan online. Whatsapp Kebutuhan Informasi dan Pelayanan Online (WAKEPO) merupakan salah satu program yang dibuat oleh Diskominfosanditik Sumedang untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses layanan informasi Kabupaten Sumedang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses kampanye public relations program WAKEPO yang dilaksanakan oleh Diskominfosanditik Kabupaten Sumedang, untuk mempermudah layanan informasi masyarakat dengan menggunakan model kampanye Ostergaard dengan tiga tahapan kampanye yaitu, identifikasi masalah, pengelolaan, dan evaluasi. Penelitian kampanye program WAKEPO ini mengadopsi pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Peneliti menggunakan beberapa teknik pengumpulan data, seperti wawancara mendalam (in-depth interview), observasi partisipasi pasif, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Diskominfosanditik Sumedang dalam menjalakan program WAKEPO sesuai dengan model kampanye Ostergaard yaitu, pertama tahap identifikasi masalah, meliputi pandemi Covid-19, tingginya penggunaan media sosial whatsApp, dan banyaknya alamat domain yang digunakan dalam layanan pemerintah. Kedua tahap pengelolaan kampanye terdiri atas perencanaan dan pelaksanaan. Perencanaan yang dilakukan adalah identifikasi pembagian tugas internal, perumusan bentuk konten kampanye, dan koordinasi dengan pimpinan, setiap SKPD dan komunitas. Pelaksanaan kampanye dilakukan secara langsung melalui roadshow ke sekolah, pergutuan tinggi, pesantren serta kegiatan woro-woro dan kampanye tidak langsung melalui media sosial, media elektronik dan billboard. Ketiga tahap evaluasi meliputi survei layanan kebutuhan masyarakat dan rekapitulasi data yang mengakses WAKEPO.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kampanye Public Relations; Model Kampanye Ostergaard; Program WAKEPO; Diskominfosanditik Kabupaten Sumedang |
Subjects: | Operations, Archieves, Information Centers > Service to Users Social Interaction, Interpersonal Relations Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Yuyun Lestari |
Date Deposited: | 01 Aug 2023 00:53 |
Last Modified: | 01 Aug 2023 00:53 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72682 |
Actions (login required)
View Item |