Hak warga negara atas penyelenggaraan penerangan jalan umum berdasarkan peraturan daerah Kabupaten Pangandaran No 18 Tahun 2015 oleh Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Pangandaran

Andriawan, Rian (2023) Hak warga negara atas penyelenggaraan penerangan jalan umum berdasarkan peraturan daerah Kabupaten Pangandaran No 18 Tahun 2015 oleh Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Pangandaran. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (314kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy

Abstract

Pangandaran merupakan salah satu daerah yang saat ini sudah menjadi daerah otonom baru. Meski sudah menjadi kabupaten sejak tahun 2012, Kabupaten Pangandaran hingga saat ini diakui masih gelap dalam penerangan jalan. Dalam mengatasi hal tersebut dibuatlah Peraturan Daerah Kabupaten Pangandaran Nomor 18 Tahun 2015. Namun dalam pelaksanaan peraturan tersebut dianggap masih belum sesuai dengan apa yang ada di lapangan. Kondisi penerangan jalan umum yang minim menimbulkan berbagai masalah sosial baik kemanan, keselamatan serta terhambatnya aktivitas dan ekonomi masyarakat khusunya pada malam hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kewenangan DPUTRPRKP Kabupaten Pangandaran atas hak warga negara atas penyelenggaraan penerangan jalan umum, untuk menganalisis kendala DPUTRPRKP dalam melaksanakan Peraturan Daerah Kabupaten Pangandaran Nomor 18 Tahun 2015, untuk menganalisis tinjauan siyasah dusturiyah terhadap kewenangan dan kendala DPUTRPRKP dalam melaksanakan Peraturan Daerah Kabupaten Pangandaran Nomor 18 Tahun 2015. Dalam melaksanakan penelitian ini, ada beberapa prinsip dalam siyasah dusturiyah yang digunakan sebagai teori yaitu prinsip keadilan, prinsip persamaan dan maslahah mursalah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analisis, serta menggunakan metode pendekatan yuridis empiris. Data yang digunakan penulis dalan penelitian ini adalah data kualitatif, sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dari DPUTRPRKP Kabupaten Pangandaran, tokoh masyarakat dan masyarakat setempat. Sumber data sekunder berupa bahan bacaan dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa hak warga negara atas penyelenggaraan penerangan jalan umum telah diatur dalam PERDA Nomor 18 Tahun 2015 yang dilaksanakan oleh DPUTRPR Kabupaten Pangandaran. Akan tetapi, terdapat hambatan dalam pelaksanaannya antara lain anggaran, sumber daya manusia. Tinjauan Siyasah Dusturiyah terhadap hak warga negara atas penyelenggaraan penerangan jalan umum sesuai dengan prinsip maslahah, hal tersebut dibuktikan dengan tujuan dibuatnya PERDA Nomor 18 Tahun 2015 adalah untuk memenuhi hak dan mendukung kegiatan dan ekonomi masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: hak warga negara; peraturan daerah; kabupaten pangandaran;
Subjects: Constitutional and Administrative Law > Basic Instrument of Government
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Hukum Ketatanegaraan dan Politik Islam (Siyasah)
Depositing User: Rian Rian Andriawan Andriawan
Date Deposited: 28 Jul 2023 03:13
Last Modified: 28 Jul 2023 03:13
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72686

Actions (login required)

View Item View Item