Pengaruh inflasi dan suku bunga Sertifikat Bank Indonesia (SBI) terhadap harga saham PT. Bank Panin Dubai Syariah Tbk (PNBS) periode 2020-2022

Rahmawaty, Denatya Adisti (2023) Pengaruh inflasi dan suku bunga Sertifikat Bank Indonesia (SBI) terhadap harga saham PT. Bank Panin Dubai Syariah Tbk (PNBS) periode 2020-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (566kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (607kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (648kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB) | Request a copy

Abstract

Terjadinya Pandemi Covid-19 di Indonesia pada tahun 2020 berdampak terhadap berbagai sektor, salah satunya iklim investasi yang sempat mengalami penurunan dari angka 3,25% menjadi 1,94%, perekonomian nasional terganggu dan deflasi tidak dapat dihindari. Hal tersebut juga berdampak terhadap pasar saham syariah yang juga mengalami penurunan diantaranya PT. Bank Panin Dubi Syariah Tbk. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari faktor makro ekonomi yaitu inflasi dan suku bunga Sertifikat Bank Inonesia (SBI) terhadap harga saham PT. Bank Panin Dubi Syariah Tbk (PNBS) pada periode 2020-2022. Serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruh inflasi dan suku bunga Sertifikat Bank Inonesia (SBI) terhadap harga saham PT. Bank Panin Dubi Syariah Tbk (PNBS). Menurut teori Michael Aarstol, inflasi mempengaruhi harga pasar saham. Jika inflasi mengalami peningkatan maka akan berdampak terhadap turunnya harga saham perusahaan. Menurut teori Jeremy J. Siegel mengenai suku bunga, jika suku bunga mengalami penurunan maka akan berdampak positif terhadap harga saham. Metode yang digunakan dalm penelitin ini yaitu metode dekriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder yang didapat melalui metode dokumentasi yang diperoleh secara tidak llangsung atau sumber kedua yaitu website. Sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh di mana seluruh data populasi perbulan inflasi, suku bunga dan harga saham PNBS selama periode 2020-2022 menjadi sampel. Adapun teknik analisis data ang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis. Dalam pengolahan data menggunakan aplikasi IBM SPSS versi 23. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) secara parsial inflasi berpengaruh secara tidak signifikan yang ditunjukan dengan nilai signifikan 0,859 > 0,050 artinya Ho diterima dan Ha ditolak. 2) Secara pasrsial nilai signifikan suku bunga SBI adalah 0,004<0,050 artinya Ho ditolak dan Ha diterima. 3) Adapun secara simultan, variabel inflasi dan suku bunga SBI berpegaruh secara signifikan terhadap harga saham PNBS periode 2020-2022. Ditunjukan dengn nilai Adjusted R-Square sebesar 0,259 atau 25,9%. Artinya harga saham PNBS dipengaruhi oleh variabel iflasi dan variabel suku bunga SBI sebesar 25,9% dan sisanya 74,1% dipengaruhi oleh variabel lain diluar variabel yang diteliti.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Inflasi; Suku Bunga Sertifikat Bank Indonesia; Bank Panin Dubai Syariah
Subjects: Islam > Islam and Economics
Econmics > Economists
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Denatya Adisti Rahmawaty
Date Deposited: 28 Jul 2023 03:28
Last Modified: 28 Jul 2023 03:28
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72688

Actions (login required)

View Item View Item