Pengaruh Total Pembiayaan dan Dana Pihak Ketiga terhadap Return On Asset (ROA) Pada : Studi PT. Bank Mega Syariah periode 2017-2022

Meylinda, Rosfhi Amel (2023) Pengaruh Total Pembiayaan dan Dana Pihak Ketiga terhadap Return On Asset (ROA) Pada : Studi PT. Bank Mega Syariah periode 2017-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (309kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (825kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh Kemampuan bank dalam menghasilkan profit bergantung kepada kemampuan bank dalam mengelola aset dan liabilitas yang ada. Salah satu ukuran untuk menilai kinerja keuangan perbankan adalah dengan menggunakan Return On Asset (ROA) yaitu rasio profitabilitas yang mengukur kemampuan PT. Bank Mega Syariah dalam keuntungan untuk menilai tingkat mutu pengembalian modal perusahaan, adapun indikator yang dapat mempengarhu Return On Asset (ROA) meliputi Total pembiayaan pendanaan yang dilakukan oleh lembaga pembiayaan kepada pihak yang membutuhkan dana, dan Dana pihak ketiga merupakan penghimpunan dan penyalurkan dana kembali kepada masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Total Pembiayaan secara persial terhadap Return On Asset (ROA), menganalisis pengaruh Dana Pihak Ketiga secara persial terhadap Return On Asset (ROA), dan menganalisis Total Pembiayaan dan Dana Pihak Ketiga secara simultan terhadap Return On Asset (ROA) dalam website resmi PT. Bank Mega Syariah Pertiode 2017-2021 pertriwulan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder runtun waktu (time series) yang dibuat dari laporan keuangan annual report PT. Berlina Tbk, Mega Syariah tbk, (periode 2017-2021). Teknik analisis yang digunakan menggunakan Analisis deskriptif, uji asumsi klasik, dan uji asosiatif. Untuk pengolahan data menggunakan program SPSS for windows version 26 dan Microsoft Exel 2016. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa: (1) Total Pembiayaan secara parsial berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Return On Asset (ROA) dengan hasil uji hipotesis t_hitung > t_tabel yaitu -1,492 > -2,074, maka H_O ditolak dan H_a diterima; (2) Dana Pihak Ketiga secara parsial berpengaruh positif dan sinifikan terhadap Return On Asset (ROA) dengan hasil uji hipotesis nilai t_hitung > t_tabel yaitu 4,915 > 2,074 sehingga H_O ditolak dan H_a diterima; (3) total Pembiayaan dan Dana Pihak Ketiga secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap Return On Asset (ROA) dengan hasil uji hipotesis F_hitung < F_tabel yaitu 22.561 > 3,467, maka H_a diterima dan H_o ditolak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Total Pembiayaan; Dana Pihak Ketiga; Return On Asset (ROA)
Subjects: Administration of Economy > Administration of Industries
Administration of Economy > Administration of Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Rosfhi Amel Meylinda
Date Deposited: 28 Jul 2023 01:14
Last Modified: 28 Jul 2023 01:14
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72693

Actions (login required)

View Item View Item