Konsep Pendidikan Akhlak bagi peserta didik generasi Z di Era Industri 4.0.

Sholihah, Nur Hikmatus (2023) Konsep Pendidikan Akhlak bagi peserta didik generasi Z di Era Industri 4.0. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
cover .pdf
Restricted to Registered users only

Download (39kB)
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (217kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (816kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)

Abstract

Nur Hikmatus Sholihah (1192020177) : KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK BAGI PESERTA DIDIK GENERASI Z DI ERA INDUSTRI 4.0 Penelitian ini dilatar belakangi oleh konsep poses pendidikan akhlak bagi peserta didik terkhusus bagi generasi z karena konsep proses pembelajaran sangatlah diperlukan baik dari sisi perencanaan, pelaksanaan dan juga evaluasinya,guna berjalannya proses pedidikan sesuai dengan harapan sehingga mencapai tujuan yang diinginkan, memilih materi dan metode yang tepat sangatlah di perlukan dalam proses pendidikan. Karena pemilihan materi dan metode yang tepat menciptakan proses pendidikn termasuk pendidikan akhlak akan berjalan secara efektif. Kemajuan teknologi saat ini memiliki dua manfaat yaitu positive ataupun negative. Pemanfaatan teknologi yang sangat canggih di kalangan gen z memiliki dampak yang sangat luas terutama dalam perkembangan kepribadiannya,tujuan pendidikan yaitu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan yang memiliki pengetahuan dan keterampilan. Selaras dengan tujuan pendidikan nasional yang berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa,bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana konsep proses pendidikan akhlak bagi peserta didik gen z di era industri 4.0 berdasarkan teori Muhammad Athiyat Al- Abrasiy dan juga hasil yang di harapkan setelah proses pendidikan akhlak tersebut berjalan. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran konsep proses pendidikan akhlak karena dengan berkembangnya alat teknologi komunikasi ternyata dapat memberikan dampak negatif terhadap peserta didik, sehingga perlu adanya penanganan terhadap fenomena tersebut dan dengan ini peneliti mengemukakan akan konsep proses pendidikan akhlak menurut teori Muhammad Athiyat Al- Abrasiy bahwa pendidikan akhlak terhadap peserta didik sangatlah penting untuk dipelajari. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library Research) dan Metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa analisis konten, alat pengumpulan data dengan berbagai karya ilmiah dan salah satunya mengacu pada buku Millennial Teachers for Gen Z karya Asrul Right & Farida dan kitab Al-akhlak fil islam (An-nadzariah wat tatbiq) karya Imam Abdul Mu’min silahuddin, dan analisis data dengan cara analisis deskriptif karena perlu adanya penguraian terhadap apa yang diteliti. Hasil dari penelitin ini, bahwa : 1) Proses konsep pendidikan akhlak bagi peserta didik generasi z di era industri 4.0, untuk mengetahui konsep proses pendidikan akhlak bagi peserta didik generasi z di era industri 4.0 yaitu untuk mengetaui bagaimana perencanaan, pelaksanan dan juga evaluasi terhadap proses konsep pendidikan akhlak tersebut, dan 2) Hasil yang di harapkan dari proses pendidikan akhlak bagi peserta didik generasi z di era industri 4.0 Kata Kunci : Konsep pendidikan akhlak,Tujuan, Hasil dan Era industri 4.0

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Konsep pendidikan akhlak; Tujuan; Hasil dan Era industri 4.0
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Individual Psychology, Characters
Differential and Developmental Psychology > Character Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sholihah Nur
Date Deposited: 28 Jul 2023 06:07
Last Modified: 28 Jul 2023 06:07
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72707

Actions (login required)

View Item View Item