Bimbingan akhlak untuk membentuk kepribadian Islam dalam diri santri : Penelitian di Pondok Pesantren Al-Faqih Dzurriyah Uwa Kota Bandung

Hamdani, Nadia Futihatul Husna (2023) Bimbingan akhlak untuk membentuk kepribadian Islam dalam diri santri : Penelitian di Pondok Pesantren Al-Faqih Dzurriyah Uwa Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (469kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy

Abstract

Para santri yang baru memasuki pondok pesantren memiliki beragam latar belakang dari sisi kepribadiannya. Beberapa di antara mereka mungkin telah memiliki kepribadian yang baik, namun masih banyak juga yang belum memiliki kepribadian yang harus dimiliki santri seperti belum mandiri, bergantung kepada orang tua, boros dan belum disiplin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja program bimbingan akhlak untuk membentuk kepribadian Islam dalam diri santri, bagaimana proses pelaksanaan bimbingan tersebut dan seperti apa hasil yang diperoleh dari pelaksanaan bimbingan akhlak untuk membentuk kepribadian Islam dalam diri santri di Pondok Pesantren Al-Faqih Dzurriyah Uwa Bandung. Penelitian ini berlandaskan konsep pemikiran bahwa bimbingan akhlak merupakan upaya bantuan yang dapat diberikan kepada inividu oleh seorang ahli, yang meliputi penyampaian pengetahuan dan informasi mengenai pemahaman diri, pengarahan diri, dan kondisi emosional yang tercermin dalam perilaku individu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, pada penelitian ini data yang diberikan faktual dan akurat sesuai dengan fakta-fakta yang ada dilapangan mengenai bimbingan akhlak untuk membentuk kepribadian Islam dalam diri santri. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan observasi, wawancara, dan metode dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi Hasil penelitian menunjukan bahwa bimbingan akhlak yang diberikan kepada santri untuk membentuk kepribadian Islam dalam dirinya dilaksanakan melalui kegiatan harian, mingguan, bulanan dan tahunan. Pelaksanaan bimbingan akhlak dilakukan melalui 3 tahap yakni tahap pembentukan, tahap peralihan dan tahap pelaksanaan kegiatan dengan menggunakan metode keteladanan, pembiasaan atau latihan, ibrah (mengambil pelajaran) dan mauidhah hasanah (nasihat yang baik). Dari pelaksanaan bimbingan akhlak yang telah di laksankan didapatkan hasil positif pada perubahan kepribadian santri yang sebelumnya masih terbawa kebiasaan dirumah, bergantung kepada orang tuanya dan boros menjadi berakhlak baik seperti, mandiri, sederhana, disiplin, ta’dhim dan bertanggung jawab.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Akhlak; Kepribadian Islam; Santri
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Nadia FutIhatul Husna
Date Deposited: 28 Jul 2023 01:30
Last Modified: 28 Jul 2023 01:30
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72710

Actions (login required)

View Item View Item