Elin, Elin (2023) Pengaruh pembelajaran berbantu aplikasi Educandy terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan : Penelitian quasi eksperimen pada siswa kelas XI SMAN 8 Tasikmalaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover .pdf Download (44kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (46kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi .pdf Download (121kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1 .pdf Download (156kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2 .pdf Restricted to Registered users only Download (345kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3 .pdf Restricted to Registered users only Download (414kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4 .pdf Restricted to Registered users only Download (347kB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5 .pdf Restricted to Registered users only Download (52kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka .pdf Restricted to Registered users only Download (191kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kurangnya penggunaan media dalam pembelajaran menyebabkan belajar kurang termotivasi sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian untuk menganalisis pengaruh pembelajaran berbantu aplikasi educandy terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen semu, dalam penelitian ini sampel dikumpulkan dengan random sampling terdapat 68 siswa terbagi menjadi dua kelas yaitu. XI IPA 2 dan kelas XI IPA 3 SMAN 8 Tasikmalaya. Data yang digunakan berupa data primer dengan instrumen penelitian, lembar observasi guru dan siswa, pretest-posttest dan angket. Menunjukkan keterlaksanaan aktivitas guru sebesar 100% sedangkan pada siswa 98% dengan kategori sangat baik. Hasil uji Mann-Whitney menunjukkan perbedaan signifikan (0,004) < 0,05 dalam pembelajaran berbantu aplikasi educandy pada materi sistem pernapasan. Analisis uji effect size sebesar 2,3 yang menunjukkan bahwa kategori besar. Respon siswa terhadap 4 indikator pertanyaan angket memperoleh keseluruhan rata-rata dengan nilai 72% dengan kategori baik. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari pembelajaran berbantu aplikasi educandy terhadap peningkatan hasil belajar pada materi sistem pernapasan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | educandy; peningkatan hasil belajar; sistem pernapasan |
Subjects: | Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Elin Elin |
Date Deposited: | 28 Jul 2023 02:13 |
Last Modified: | 28 Jul 2023 02:13 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72720 |
Actions (login required)
View Item |