Pengaruh pembelajaran berbantu aplikasi Educandy terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan : Penelitian quasi eksperimen pada siswa kelas XI SMAN 8 Tasikmalaya

Elin, Elin (2023) Pengaruh pembelajaran berbantu aplikasi Educandy terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan : Penelitian quasi eksperimen pada siswa kelas XI SMAN 8 Tasikmalaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover .pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi .pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1 .pdf

Download (156kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka .pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kurangnya penggunaan media dalam pembelajaran menyebabkan belajar kurang termotivasi sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian untuk menganalisis pengaruh pembelajaran berbantu aplikasi educandy terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen semu, dalam penelitian ini sampel dikumpulkan dengan random sampling terdapat 68 siswa terbagi menjadi dua kelas yaitu. XI IPA 2 dan kelas XI IPA 3 SMAN 8 Tasikmalaya. Data yang digunakan berupa data primer dengan instrumen penelitian, lembar observasi guru dan siswa, pretest-posttest dan angket. Menunjukkan keterlaksanaan aktivitas guru sebesar 100% sedangkan pada siswa 98% dengan kategori sangat baik. Hasil uji Mann-Whitney menunjukkan perbedaan signifikan (0,004) < 0,05 dalam pembelajaran berbantu aplikasi educandy pada materi sistem pernapasan. Analisis uji effect size sebesar 2,3 yang menunjukkan bahwa kategori besar. Respon siswa terhadap 4 indikator pertanyaan angket memperoleh keseluruhan rata-rata dengan nilai 72% dengan kategori baik. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari pembelajaran berbantu aplikasi educandy terhadap peningkatan hasil belajar pada materi sistem pernapasan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: educandy; peningkatan hasil belajar; sistem pernapasan
Subjects: Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Elin Elin
Date Deposited: 28 Jul 2023 02:13
Last Modified: 28 Jul 2023 02:13
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72720

Actions (login required)

View Item View Item