Metode dakwah Hijrah Ustadz Wirawan Yogyasono pada anak Punk Jalanan : Studi kasus pada Yayasan Laskar Berani Hijrah di Kota Depok

Syarifatunnisa, Syarifatunnisa (2023) Metode dakwah Hijrah Ustadz Wirawan Yogyasono pada anak Punk Jalanan : Studi kasus pada Yayasan Laskar Berani Hijrah di Kota Depok. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSRTAK)
2_Abstrak.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
3_Daftar Isi.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (149kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB) | Request a copy

Abstract

Ustadz Wirawan Yogyasono merupakan da'i pendiri Yayasan Laskar Berani Hijrah yang mengajak masyarakat marginal terkhusus anak punk untuk memperdalam ilmu agama. Ustadz Wirawan Yogyasono menyelenggarakan berbagai kegiatan dakwah di Yayasan Berani Hijrah dengan tujuan menjadikan anak punk memiliki pribadi yang lebih baik dan menjalankan kewajibannya sebagai umat muslim. Maka dengan mengajak anak punk untuk berhijrah, penyiaran Islam akan semakin berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode dakwah bil-lisan dan metode dakwah bil-hal Ustadz Wirawan Yogyasono pada kegiatan dakwahnya dalam mengajak anak punk berhijrah yang dilaksanakan di Yayasan Laskar Berani Hijrah. Kemudian tahapan kegiatan dakwah yang dilaksanakan oleh Ustadz Wirawan Yogyasono di Yayasan Laskar Berani Hijrah. Penelitian ini menggunakan teori komunikasi Harold Lasswell menerangkan proses komunikasi didalamnya terdapat: who (siapa komunikan yang menyampaikan) say what (materi yang disampaikan) in which channel (melalui media apa) to whom (kepada siapa) what effect (pengaruh apa yang ditimbulkan), kemudian teori proses dan tahapan dakwah terdapat: tahapan pembentukkan, tahapan penataan, dan tahapan pelepasan atau perpisahan.Penelitian ini berupa deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan metode dakwah bil-lisan dan metode dakwah bil-hal Ustadz Wirawan Yogyasono dalam kegiatan dakwah yang dilaksanakan di Yayasan Laskar Berani Hijrah untuk mengajak anak punk berhijrah, paradigma yang digunakan yaitu konstruktivisme. Data penelitian dihasilkan dari hasil pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan kegiatan dakwah Ustadz Wirawan efektif dilakukan, sebab anak-anak punk sudah dapat mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari seperti, sholat lima waktu, berwudhu, mengubah penampilan dengan menghapus tato, serta bersikap baik pada lingkungan sekitar. Kegiatan dakwah yang dilakukan dapat memberikan perubahan perilaku yang signifikan dari sebelumnya berperilaku menyimpang kini mereka menjadi lebih baik, dengan berbagai kegiatan dakwah yaitu sebagai berikut: 1) metode dakwah bil-lisan Ustadz Wirawan Yogyasono pada anak punk dilakukan dengan tiga kegiatan dakwah diantaranya, melakukan ceramah kepada anak punk, melakukan diskusi kepada anak punk, memberikan nasehat kepada anak punk. 2) metode bil-hal Ustadz Wirawan Yogyasono pada anak punk jalanan berjalan dengan lancar berdasarkan tiga aktivitas dakwah yang dilakukan diantaranya, memberikan modal usaha dan menyediakan lapangan pekerjaan, menyantuni fakir miskin, dan memberikan bimbingan. 3) tahapan dakwah Ustadz Wirawan Yogyasono dalam membina anak punk hijrah berjalan dengan sangat terstruktur berdasarkan tiga tahapan diantaranya, tahap pembentukkan karakter, tahap evaluasi, dan tahap pelepasan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode Dakwah Bil-lisan; Metode Dakwah Bil-hal; Tahapan Dakwah
Subjects: Islam > Sermons and Preaching
Islam > Da'wah
Communities
Communities > Community Sociology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Syarifatunnisa Syarifatunnisa
Date Deposited: 31 Aug 2023 08:07
Last Modified: 31 Aug 2023 08:11
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72721

Actions (login required)

View Item View Item