Proses sintesis dan analisis Elektrokimia Nanopartikel Tembaga Sulfida (CuS) didoping Nikel (Ni) menggunakan metode Hot-Injection untuk aplikasi superkapasitor

Nurfauziah, Nuri (2023) Proses sintesis dan analisis Elektrokimia Nanopartikel Tembaga Sulfida (CuS) didoping Nikel (Ni) menggunakan metode Hot-Injection untuk aplikasi superkapasitor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (209kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (957kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB) | Request a copy

Abstract

Performa superkapasitor memiliki ketergantungan terhadap struktur dan material elektroda, perlu adanya pengembangan material elektroda menjadi berskala nano untuk memperluas luas area permukaan elektroda, sehingga diperoleh superkapasitor yang memiliki performa tinggi. Logam transisi sulfida merupakan salah satu material yang cocok dikembangkan untuk bahan elektroda. Tembaga sulfida (CuS) merupakan salah satu logam transisi yang memiliki stabilitas kimia yang baik, konduktivitas baik, murah dan ketersediaan melimpah. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mensintesis material CuS yang didoping Ni menggunakan metode hot-injection dan mengembangkan material elektroda superkapasitor CuS dengan mengoptimasi penambahan doping Ni, sehingga dapat diperoleh elektroda superkapasitor CuS-Ni dengan performa tertinggi. Metode hot-injection digunakan karena memiliki kelebihan untuk memproduksi nanopartikel dengan cepat, alatnya lebih sederhana, kebutuhan energi dan temperatur yang tidak terlalu tinggi. Nanopartikel CuS disintesis dengan perbandingan mol 1:1 dengan optimasi penambahan doping Ni yaitu 10n%, 20n% dan 30n%. Pada penelitian ini karakterisasi XRD untuk membuktikan bahwa sampel yang disintesis merupakan CuS dan juga karakterisasi sifat elektrokimia yaitu CV dan GCD untuk mengevaluasi kinerja dari elektroda sehingga diketahui elektroda superkapasitor yang memiliki performa tertinggi. Hasil karakterisasi XRD CuS murni memiliki struktur kristal covellite heksagonal dengan konstanta kisi a dan b sama yaitu 3,26 Å, sedangkan c yaitu 16,48 Å. Karakterisasi XRD membuktikan bahwa Material nanopartikel CuS telah berhasil disintesis dengan baik menggunakan metode hot-injection. Hasil karakterisasi elektrokimia diketahui bahwa elektroda CuS tersebut memiliki karakteristik pseudokapasitor karena memiliki puncak redoks. Kapasitas spesifik CuS murni diperoleh sebesar 388,5 C/g dan kapasitas spesifik terbesar diperoleh pada optimasi CuS-Ni 20n% sebesar 693,4 C/g. Penambahan doping Ni membuktikan dapat meningkatkan nilai kapasitas spesifik dari elektroda superkapasitor CuS.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Tembaga Sulfida (CuS); Metode Hot-Injection; Elektroda Superkapasitor; Kapasitas Spesifik.
Subjects: Physics
Modern Physics > Structure of Matter
Applied Physics
Applied Physics > Batteries Electric
Applied Physics > Capacitors, Condensers
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Fisika
Depositing User: Nuri Nurfauziah
Date Deposited: 28 Jul 2023 02:57
Last Modified: 28 Jul 2023 02:57
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72731

Actions (login required)

View Item View Item