Hubungan persepsi siswa terhadap kegiatan Marching Band dengan karakter disiplin siswa : Penelitian korelasi pada kegiatan Marching Band di MIN Bandung

Nadia, Lina Rosliana (2023) Hubungan persepsi siswa terhadap kegiatan Marching Band dengan karakter disiplin siswa : Penelitian korelasi pada kegiatan Marching Band di MIN Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.PDF - Other

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.PDF

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.PDF

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.PDF

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.PDF
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.PDF
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.PDF
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.PDF
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.PDF
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan masalah yang terdapat pada anggota Marching Band di MIN Bandung, yaitu terdapat berbagai karakter disiplin anggota marching band, beberapa siswa ada yang tidak memiliki kesadaran akan tata tertib sekolah, seperti; kurangnya kesadaran akan lingkungan sekolah, kurang kesadaran akan jam masuk sekolah, kurangnya kesadaran terhadap tutur bicara yang baik dan berpakaian yang baik. Tetapidisamping itu tidak sedikit juga siswa yang patuh dan sadar akan pentingnya menjaga lingkungan, sadarnya akan jam masuk sekolah, aturan dalam berpakaian dan lain sebagainya. Hal ini disebabkan oleh adanya perbedaan persepsi setiap siswa-siswi yang mengikuti ekstrakulikuler marching band terhadap karakter kedisiplinan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi siswa terhadap kegiatan marching band dengan karakter disiplin siswa di MIN Bandung. Penelitian ini menggunakan metode korelasional dengan pendekatan kuantitatif.Hipotesis penelitian ini yaitu adanya hubungan positif yang signifikan antara persepsi siswa terhadap kegiatan marching band dengan karakter disiplin siswa di MIN Bandung. Populasi penelitian ini adalah siswa yang mengikuti ekstrakulikuler marching band, yaitu ada 112 anggota marching band di MIN Bandung. Pengambilan sampel berjumlah 37 siswa kelas tinggi. Metode Penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan metode korelasional. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket dan dokumentasi. Angket digunakan untuk data persepsi siswa terhadap kegiatan marching band dan karakter disiplin siswa sedangkan dokumentasi digunakan untuk pengambilan data profil madrasah, dokumentasi saat penelitian. Uji validitas menggunakan rumus product momen, dan uji realibilitas menggunakan rumus alpha. Uji prasyarat analisis data menggunakan uji norrmalitas dan uji linieritas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis deskriptif dan teknik korelasi product moment.Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan antara persepsi siswa terhadap kegiatan marching band dengan karakter disiplin siswa di MIN Bandung. Hal tersebut ditunjukan dengan harga r hitung lebih besar dari harga r tabel dengan N=37 pada taraf signifikansi 5% yaitu 0,446. Yang artinya r hituing (0,446) > r tabeil (0,325), maka teirdapat huibuingan positif yang signifikan antara peirseipsi siswa terhadap kegiatan Marching Band dengan karakter disiplin siswa. Adapuin peingaruihnya dapat dilihat dari nilai koefisien determinasinya yaitu sebesar 20%. Maka karakter disiplin siswa dipengaruihi oleh persepsi siswa terhadap kegiatan Marching Band.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Siswa; Marching Band; Karakter Disiplin
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Individual Psychology, Characters
Differential and Developmental Psychology > Character Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Lina Rosliana Nadia
Date Deposited: 28 Jul 2023 06:16
Last Modified: 28 Jul 2023 06:16
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72742

Actions (login required)

View Item View Item