Implementasi Hukum Ekonomi Syariah terhadap sewa jasa dengan sistem maklon pada vendor seragam : Studi kasus di vendor seragam M Cloth UKM LIKM UIN SGD Bandung

Candra, Alfin Fikri (2023) Implementasi Hukum Ekonomi Syariah terhadap sewa jasa dengan sistem maklon pada vendor seragam : Studi kasus di vendor seragam M Cloth UKM LIKM UIN SGD Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (352kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)

Abstract

Jumhur Ulama sepakat tentang kebolehan akad ijarah. Ijarah termasuk salah satu akad mu’awadhat, yaitu transaksi yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan manfaat baik berupa jasa atau material. Seiring zaman kegiatan muamalah bertambah maju, kompleks dan beragam salah satunya adalah kerja sama (Syirkah). Usaha vendor seragam yang di jalankan oleh M Cloth menggunakan sistem maklon. Dalam kajian Hukum Ekonomi Syariah, sistem maklon termasuk dalam akad ijarah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui (1) Bagaimana mekanisme sewa jasa dengan sistem maklon pada Vendor Seragam M Cloth. (2) Bagaimana hukum sewa jasa dengan sistem maklon di Vendor Seragam M Cloth berdasarkan persfektif Hukum Ekonomi Syariah. Kerangka berfikir dalam penelitian ini menggunakan teori akad ijarah, jual-beli dan ujrah (upah). Penelitian ini bertitik tolak bahwa pada dasarnya segala bentuk muamalah diperbolehkan selama tidak ada dalil yang melarangnya. Penelitian ini menggunakan metode deskriftif yaitu menjelaskan bagaimana pelaksanaan sistem maklon yang dijalankan oleh M Cloth ditinjau dari hukum ekonomi syariahnya. Sumber data yang digunakan yaitu buku-buku tentang fiqih muamalah khususnya yang membahas akad ijarah, jurnal, dan dokumentasi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan obsevasi, wawancara kepada narasumber, dokumentasi yang berkaitan dengan kegiatan narasumber serta studi pustaka. Semua data ini dikumpulkan, diseleksi dan dianalisis kemudian dikelompokkan berdasarkan data yang sudah diteliti dan, kemudian terakhir menyimpulkan. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan : (1) Sistem maklon yang dijalankan oleh M Cloth sedikit berbeda pada umumnya. Produksinya full dikerjakan oleh pihak penyedia jasa maklon, M Cloth hanya membuat spesifikasi produk dari hasil pesanan masuk, kadang M Cloth membuat produk sendiri meskipun belum ada yang pesan, lalu setelah jadi kemudian dijual kepada Mahasiswa atau umum, baik melalui marketpalce (online) atau offline. (2) Berdasarkan persfektif hukum ekonomi syari’ah sewa jasa dengan sistem maklon di M Cloth sedah sesuai dengan syarat dan rukun akad ijarah yang mana upah yang diterima oleh pemaklon merupakan imbalan dari suatu manfaat yang diterima oleh perusahaan vendor seragam. Dengan adanya sistem maklon manfaat yang diterima cukup banyak dan hal tersebut berdampak langsung pada masyarakat, jalannya organisasi serta membantu mahasiswa yang lagi membutuhkan pekerjaan yang bisa dikerjakan sambil kuliah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Akad Ijarah; Ujrah; Sistem Maklon;
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Econmics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Fikri Candra Alfin
Date Deposited: 28 Jul 2023 05:36
Last Modified: 28 Jul 2023 05:36
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72747

Actions (login required)

View Item View Item