Pengaruh Current Ratio (CR) dan Return On Asset (ROA) terhadap harga saham pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syari’ah Indonesia (ISSI) : Studi di PT. Mitra Adiperkasa tbk Periode 2016-2022

Hidayat, Teguh (2023) Pengaruh Current Ratio (CR) dan Return On Asset (ROA) terhadap harga saham pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syari’ah Indonesia (ISSI) : Studi di PT. Mitra Adiperkasa tbk Periode 2016-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (246kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari pemikiran bahwa Current Ratio (CR) dan Return On Asset (ROA) berpengaruh terhadap Harga Saham. Dalam arti bahwa ketika perusahaan dapat memenuhi likuiditas jangka pendeknya dan kemampuan perusahaan mendapatkan keuntungan dalam mengelola asetnya maka akan meningkatkan Harga Saham pada perusahaan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Current Ratio (CR) secara parsial terhadap Harga Saham, mengetahui pengaruh Return On Asset (ROA) secara parsial terhadap Harga Saham, dan mengetahui pengaruh Current Ratio dan Return On Asset secara simultan terhadap Harga Saham pada PT. Mitra Adiperkasa Tbk. Periode 2016-2022. Kerangka teori yang dipakai menyatakan bahwa pada saat nilai Current Ratio (CR) dan Retun On Asset (ROA) mengalami kenaikan maka akan menarik persepsi para investor dan menaikan permintaan dan nilai Harga Saham akan naik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif verifikatif. Data yang digunakan adalah data sekunder runtun waktu (Time Series) yang diperoleh dari laporan keuangan yang dipublikasi PT. Mitra Adiperkasa Tbk. Periode 2016-2022. Teknik Analisis data yang digunakan yaitu analisis asumsi klasik, analisis deskriptif, serta analisis asosiatif. Adapun pengolahan data menggunakan IBM SPSS Statistic Versi 26.0. Hasil Penelitian menunjukan bahwa secara parsial Current Ratio (CR) tidak berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham dengan nilai thitung < ttabel (0,346 < 2,04841). Secara Parsial Return On Asset (ROA) berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham dengan nilai thitung > ttabel (7,826 > 2,07387). Dan secara simultan Current Ratio (CR) dan Return On Asset (ROA) berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham dengan nilai Fhitung sebesar 30,165 lebih besar dari Ftabel sebesar 3,34 (30,165 > 3,34). Kemudian nilai koefisien determinasi sebesar 0,707 atau sama dengan 70,7% artinya besarnya pengaruh sebesar 70,7% dan sisanya sebesar 29,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio (CR); Return On Asset (ROA); Harga Saham
Subjects: General Management > Financial Management
General Management > Budgeting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Teguh Hidayat
Date Deposited: 28 Jul 2023 07:16
Last Modified: 28 Jul 2023 07:16
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72756

Actions (login required)

View Item View Item