Wijaya, Karta (2023) Pengaruh metode pembelajaran Poster Comment terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi pencemaran lingkungan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER..pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK..pdf Download (253kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI..pdf Download (174kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
BAB I..pdf Download (513kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II..pdf Restricted to Registered users only Download (559kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III..pdf Restricted to Registered users only Download (580kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV..pdf Restricted to Registered users only Download (434kB) |
||
Text (BAB V)
BAB V..pdf Restricted to Registered users only Download (174kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA..pdf Restricted to Registered users only Download (410kB) |
Abstract
Metode pembelajaran poster comment digunakan untuk mengatasi permasalahan mendasar akan rendahnya kemampuan pemecahan masalah pada materi pencemaran lingkungan. Metode penelitian ini yaitu Quasi Eksperimen. Sampel yang digunakan dua kelas yaitu kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, tes kemampuan pemecahan masalah, dan angket. Penelitian ini diperoleh hasil keterlaksanaan pembelajaran penggunaan metode poster comment terlaksana dengan sangat baik, dengan rata-rata persentase keterlaksanaan aktivitas guru di kelas eksperimen sebesar 90% dan di kelas kontrol sebesar 87% dengan interpretasi sangat baik. Selanjutnya keterlaksanaan aktivitas siswa di kelas eksperimen sebesar 89% dan di kelas kontrol sebesar 87% dengan interpretasi sangat baik. Kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen meningkat dengan N-Gain 0,66 dan kelas kontrol 0,37. Respon siswa terhadap pembelajaran materi pencemaran lingkungan dengan menggunakan metode poster comment memiliki nilai rata-rata sebesar 3,52 dengan interpretasi tinggi, adapun respon siswa terhadap pembelajaran materi pencemaran lingkungan tanpa menggunakan metode poster comment memiliki nilai rata-rata sebesar 3,47 dengan interpretasi sedang. Hasil uji-t menunjukan bahwa metode poster comment berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dengan nilai t hitung 7,71 > dari t tabel 1,70. Kata Kunci: Metode Poster Comment, kemampuan pemecahan masalah, Pencemaran lingkungan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Poster Comment; kemampuan pemecahan masalah; pencemaran lingkungan; |
Subjects: | Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Wijaya Karta |
Date Deposited: | 28 Jul 2023 07:41 |
Last Modified: | 28 Jul 2023 07:41 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72758 |
Actions (login required)
View Item |