Pengaruh metode pembelajaran Poster Comment terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi pencemaran lingkungan

Wijaya, Karta (2023) Pengaruh metode pembelajaran Poster Comment terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi pencemaran lingkungan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER..pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK..pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI..pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I..pdf

Download (513kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II..pdf
Restricted to Registered users only

Download (559kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III..pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV..pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V..pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA..pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB)

Abstract

Metode pembelajaran poster comment digunakan untuk mengatasi permasalahan mendasar akan rendahnya kemampuan pemecahan masalah pada materi pencemaran lingkungan. Metode penelitian ini yaitu Quasi Eksperimen. Sampel yang digunakan dua kelas yaitu kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, tes kemampuan pemecahan masalah, dan angket. Penelitian ini diperoleh hasil keterlaksanaan pembelajaran penggunaan metode poster comment terlaksana dengan sangat baik, dengan rata-rata persentase keterlaksanaan aktivitas guru di kelas eksperimen sebesar 90% dan di kelas kontrol sebesar 87% dengan interpretasi sangat baik. Selanjutnya keterlaksanaan aktivitas siswa di kelas eksperimen sebesar 89% dan di kelas kontrol sebesar 87% dengan interpretasi sangat baik. Kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen meningkat dengan N-Gain 0,66 dan kelas kontrol 0,37. Respon siswa terhadap pembelajaran materi pencemaran lingkungan dengan menggunakan metode poster comment memiliki nilai rata-rata sebesar 3,52 dengan interpretasi tinggi, adapun respon siswa terhadap pembelajaran materi pencemaran lingkungan tanpa menggunakan metode poster comment memiliki nilai rata-rata sebesar 3,47 dengan interpretasi sedang. Hasil uji-t menunjukan bahwa metode poster comment berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dengan nilai t hitung 7,71 > dari t tabel 1,70. Kata Kunci: Metode Poster Comment, kemampuan pemecahan masalah, Pencemaran lingkungan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode Poster Comment; kemampuan pemecahan masalah; pencemaran lingkungan;
Subjects: Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Wijaya Karta
Date Deposited: 28 Jul 2023 07:41
Last Modified: 28 Jul 2023 07:41
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72758

Actions (login required)

View Item View Item