Pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) dan Net Profit Margin (NPM) terhadap Return on Equity (ROE) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah (ISSI) : Studi di PT. AKR Corporindo Tbk. periode 2013-2022

Winandi, Noi Lanang Aji (2023) Pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) dan Net Profit Margin (NPM) terhadap Return on Equity (ROE) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah (ISSI) : Studi di PT. AKR Corporindo Tbk. periode 2013-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (264kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (653kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB) | Request a copy

Abstract

Investasi merupakan penempatan sejumlah dana atau sumber daya lain yang dilakukan dengan tujuan mendapatkan keuntungan dimasa yang akan datang. Untuk meminimalisir resiko Investor yang akan melakukan investasi pada perusahaan harus melakukan analisis laporan keuangan dengan baik. Diantaranya mengetahui keefektifan perusahaan dalam mengetahui Debt to Equity Ratio (DER) untuk menilai perusahaan dalam pelaksanaan kewajibannya, menghasilkan nilai Net Profit Margin (NPM) atau laba bersih pada perusahaan, serta mengetahui laba yang diperoleh dari investasi atau Return On Equity (ROE). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) secara parsial terhadap Return On Equity (ROE), (2) pengaruh Net Profit Margin (NPM) secara parsial terhadap Return On Equity (ROE), dan (3) pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) dan Net Profit Margin (NPM) secara simultan terhadap Return On Equity (ROE) pada PT. AKR Corporindo Tbk. Periode 2013-2022. Penelitian ini memiliki kerangka berfikir yang menjelaskan keadaan saling mempengaruhi antara Debt to Equity Ratio (DER) dan Net Profit Margin (NPM) terhadap Return On Equity (ROE). Akan tetapi terdapat faktor lain yang mana dapat mempengaruhi Return On Equity (ROE) yang tidak digunakan pada penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder yang berupa laporan keuangan pada website resmi PT. AKR Corporindo Tbk. periode 2013-2022 https://www.akr.co.id/annual-report. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana maupun regresi berganda, korelasi sederhana maupun korelasi berganda, koefisien determinasi, dan analisis hipotesis yaitu uji signifikansi parsial (uji t) dan uji simultan (uji F). Hasil penelitian: (1) Debt to Equity Ratio di PT. AKR Corporindo Tbk. priode 2013-2022, secara parsial berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap Return On Equity dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,1%. (2) Net Profit Margin di PT. AKR Corporindo Tbk. priode 2013-2022, secara parsial berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Return On Equity dengan nilai koefisien determinasi sebesar 24,7%. (3) Debt to Equity Ratio dan Net Profit Margin di PT. AKR Corporindo Tbk. priode 2013-202, yang mana secara simultan berpengaruh tidak signifikan terhadap Return On Equity dengan persamaan regresinya ROE= -10,698+0,102(DER)+2,853(NPM) dan nilai koefisien determinasi sebesar 48,1%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Debt to Equity Ratio (DER); Net Profit Margin (NPM); dan Return On Equity (ROE);
Subjects: General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Lanang Aji Winandi
Date Deposited: 31 Jul 2023 04:05
Last Modified: 31 Jul 2023 04:05
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72825

Actions (login required)

View Item View Item