Manajemen mutu layanan pendidikan di Madrasah Aliyah Swasta : Penelitian di Madrasah Aliyah Al-Ihsan Baleendah dan Madrasah Aliyah Al-Ittifaq Ciwidey

Faizal, Irawan (2023) Manajemen mutu layanan pendidikan di Madrasah Aliyah Swasta : Penelitian di Madrasah Aliyah Al-Ihsan Baleendah dan Madrasah Aliyah Al-Ittifaq Ciwidey. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (330kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (659kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (618kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pertimbangan peneliti tentang pentingnnya manajemen mutu layanan pendidikan di Madrasah Aliyah Swasta dalam meningkatkan kualitas layanan pendidikan sehingga peserta didik mendapatkan pendidikan yang berkualitas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa perencanaan, pengorganisasiaan, pelaksanaan dan pengawasan manajemen mutu layanan pendidikan di Madrasah Aliyah Al-Ihsan Baleendah dan Madrasah Al-Ittifaq Ciwidey. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah George R. Terry, Edward Sallis yang mengatakan bahwa manajemen mutu layanan pendidikan adalah sesuatu yang memuaskan, melampaui keinginan dan kebutuhan pelanggan dan mencapai penyempurnaan secara terus menerus. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data terdiri dari: Kepala Madrasah, wakil kepala madrasah, guru dan staf tata usaha. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan data. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwasannya: (1) Perencanaan manajemen mutu layanan pendidikan tidak terlepas dari kualitas perencanaan dan dilaksanakan dengan cara rapat pembagian tugas, peningkatan kualitas, melaksanakan rencana tindak lanjut, menyusun program setiap akan memulai tahun ajaran baru. (2) Pengorganisasian manajemen mutu layanan pendidikan dilaksanakan dengan cara membangun struktur yang baik sesua kompetensinya, mengalokasikan sumber daya manusia secara efektif dan mengajarkan budaya komunikasi kepada para guru serta pembagian tanggungjawab dan wewenang (3) Pelaksanaan manajemen mutu layanan pendidikan di madrasah dilakukan dengan menggunakan teknologi dalam pembelajaran, mengadakan pelatihan bagi para guru atau menyelanggarakan ekstrakulikuler bagi para siswa serta, (4) Pengawasan dalam manajemen mutu layanan pendidikan di madrasah dilaksanakan dengan pengawasan kinerja guru, mengadakan class control serta memantau implementasi kurikulum di madrasah dan evaluasi pendidikan yang dilaksanakan madrasah setelah dan sesudah tahun ajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajamen; Mutu; layanan; Pendidikan; Manajemen; Pendidikan: Islam
Subjects: Education, Research
General Management > Control and Quality Management
Education and Research of Literatures
Education and Research of History
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Irawan Faizal
Date Deposited: 31 Jul 2023 07:56
Last Modified: 31 Jul 2023 07:56
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72837

Actions (login required)

View Item View Item