Pengaruh implementasi pengelolaan data berbasis Education Management Information System (EMIS) 4.0 terhadap optimalisasi kinerja operator Madrasah : Penelitian di Madrasah Tsanawiyah se-Kabupaten Sukabumi Bagian Selatan

Apriliyani, Fitri (2023) Pengaruh implementasi pengelolaan data berbasis Education Management Information System (EMIS) 4.0 terhadap optimalisasi kinerja operator Madrasah : Penelitian di Madrasah Tsanawiyah se-Kabupaten Sukabumi Bagian Selatan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (774kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB) | Request a copy

Abstract

Pengelolaan data berbasis EMIS telah memudahkan dalam pengambilan keputusan maupun pengambilan kebijakan untuk kemajuan lembaga pendidikan Islam. Namun Education Management Information System (EMIS) 4.0 atau dikenal sebagai Sistem Informasi Manajemen Pendidikan (SIMDIK) merupakan sistem manajemen pendukung yang berperan dalam menyediakan data dan informasi pendidikan Islam untuk pengambilan kebijakan belum mampu digunakan secara maksimal, sebab tingkat validitas dan keterkinian (updating) data masih belum sempurna. Penelitian ini memliki tujuan untuk mengetahui) bagaimana implementasi pengelolaan data berbasis Education Management Information System (EMIS) 4.0 di Madrasah Tsanawiyah se-Kabupaten Sukabumi bagian Selatan 2) mengetahui bagaimana optimalisasi kinerja operator dalam mengelola Education Management Information System (EMIS) 4.0 di MTs se-Kabupaten Sukabumi bagian selatan 3) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh implementasi pengelolaan data berbasis Education Management Information System (EMIS) 4.0 terhadap optimalisasi kinerja operator Madrasah Tsanawiyah se-Kabupaten Sukabumi bagian Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode ex post facto. Sampel pada penelitian ini berjumlah 34 responden opertaor madrasah tsanawiyah. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan angket kuesioner. Adapun teknik analisis pada penelitian ini menggunakan bantuan program SPSS 26 dengan analisis intrumen (validitas dan realibilitas), analisis persial perindikator, analisis asumis (uji normalitas), analisis regresi sederhana, Uji t-test, dan uji pengaruh (koefisien determinasi). Hasil penelitian menunjukan bahwa Realitas variabel (X) Pengelolaan Data Berbasis Education Management Information System (EMIS) 4.0 termasuk kedalam kategori “Tinggi” dengan perolehan nilai 4,34 dengan kategori rentang interval 3,6 - 4,5. Realitas variabel (Y) Optimalisasi Kinerja termasuk kedalam kategori “Tinggi” dengan perolehan nilai 4,05 dengan kategori rentang interval 3,6 - 4,5. dari perhitungan hasil analisis statsitik yang menunjukan bahwa t-hitung > t-tabel (3.993>0,286) untuk taraf signifikan 5%. Kemudian hasil pengaruh 33,3% dan hasil perhitungan koefisien regresi sederhana menunjukan koefisisen dari variabel pengelolaan data EMIS 4.0 (X) memiliki nilai 0,557 dengan sig. 0,000<0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Selanjutnya diperoleh persamaan regresi Y= 18.784+0,557X.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Data EMIS; Optimalisasi Kinerja Operator
Subjects: Specific Field of Public Administration > Departments of Education
General Management > Education, Research of Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Apriliyani Fitri
Date Deposited: 02 Aug 2023 02:29
Last Modified: 02 Aug 2023 02:29
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72850

Actions (login required)

View Item View Item