Ramadhana, Ari (2023) Pengaruh kinerja mengajar guru terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif peserta didik. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (215kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (66kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (398kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (662kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (428kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (903kB) |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (50kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) |
Abstract
Penelitian ini berfokus kepada motivasi belajar dan hasil belajar kognitif pada mata pelajaran fisika serta melihat pengaruh kinerja mengajar guru fisika. Penelitian ini hanya mengambil mata pelajaran fisika yang digunakan untuk penelitian, banyaknya keluhan bahwa pada mata pelajaran ini peserta didik merasakan kesulitan, karena strategi yang diajarkan oleh guru dirasa kurang memuaskan, tidak membawa suasa belajar yang interaktif dan memotivasi. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh kinerja mengajar guru terhadap motivasi belajar, untuk menganalisis pengaruh kinerja mengajar guru terhadap hasil belajar kognitif dan untuk menganalisis pengaruh kinerja mengajar guru terhadap motivasi belajar dan hasil belajar kognitif. Teori yang digunakan pada penelitian ini untuk variabel kinerja mengajar guru mengacu kepada Permendiknas No. 41/2007 tentang standar proses pendidikan meliputi: 1). Perencanaan proses belajar, 2). Pelaksanaan proses pembelajaran, dan 3) Penilaian hasil pembelajaran. Variabel motivasi belajar menurut Sardiman (1) Tekun menghadapi tugas, 2) Ulet menghadapi kesulitan, 3) Menunjukkan minat terhadap bermacam-macam masalah, 4) Lebih senang bekerja mandiri, 5) Cepat bosan pada tugas-tugas yang rutin, 6) Dapat mempertahankan pendapatnya, 7) Tidak mudah melepaskan hal diyakini itu, 8) Senang mencari dan memecahkan masalah soal-soal. Hasil belajar kognitif mengacu kepada Bloom & Anderson (C1-C6). Pendekatan penelitian adalah rencana konsep dan prosedur untuk penelitian yang mencakup langkah-langkah mulai dari asumsi luas hingga metode terperinci dalam pengumpulan data, analisis, dan interpretasi. Sumber data di ambil dari peserta didik kelas X di SMAIS Al-Masoem, Al-Aqsha dan Darul Fatwa. Teknik analisis data menggunakan angket dan soal yang diberikan kepada peserta didik dan pengujian hipotesis menggunakan uji regresi linier berganda (uji t dan uji f) serta koefisien determinasi. Hasil penelelitian ini menunjukkan, bahwa 1) Terdapat pengaruh kinerja mengajar guru (X) terhadap motivasi belajar peserta didik (Y1) sebesar 0,498 atau 49,8%. 2) Terdapat pengaruh kinerja mengajar guru (X) terhadap hasil belajar kognitif peserta didik (Y2) sebesar 0,398 atau 39,8 %. 3) Terdapat pengaruh kinerja mengajar guru (X) terhadap hasil belajar kognitif peserta didik (Y2) sebesar 0,728 atau 72,8%. Adapun rekomendari dari penelitian ini terkait kinerja guru yaitu:1) Guru menyiapkan perangkat pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang diterapkan oleh sekolah, 2) Guru menyediakan media atau bahan ajar yang menarik dan interaktif yang berpusat kepada peserta didik terutama pada mata pelajaran fisika, 3) Guru mengikuti pelatihan atau seminar terkait media pembelajaran ataupun yang lainnya sebagai bentuk mengikuti perkembangan zaman, 5) Sekolah menyediakan sarana dan prasaranaa sebagai penunjang guru di kelas, 6) Sekolah memperhatikan dari segi pembiayaan kepada guru sebagai bentuk kesejahteraan bagi para guru.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kinerja Mengajar Guru; Hasil Belajar Peserta Didik |
Subjects: | Adult Education |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | ari Ramadhana |
Date Deposited: | 01 Aug 2023 07:14 |
Last Modified: | 01 Aug 2023 07:14 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72876 |
Actions (login required)
View Item |