Respon Followers mahasiswa terhadap postingan foto Jurnalistik Tim Nasional Sepak Bola Indonesia pada kualifikasi Piala Asia 2023 di media Instagram @pengamatsepakbola

Raihan, Albi Dany (2023) Respon Followers mahasiswa terhadap postingan foto Jurnalistik Tim Nasional Sepak Bola Indonesia pada kualifikasi Piala Asia 2023 di media Instagram @pengamatsepakbola. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (195kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (613kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami secara mendalam tentang respon followers mahasiswa terhadap postingan foto jurnalistik Tim Nasional Sepak Bola Indonesia pada kualifikasi Piala Asia 2023 di media Instagram @pengamatsepakbola. Tujuan foto jurnalistik adalah memenuhi kebutuhan mutlak penyampaian informasi kepada sesama, sesuai amandemen kebebasan berbicara dan kebebasanpers (freedom of speech and freedom of press). Metode penelitian yang digunakan adalah metode wawancara yaitu untuk mengungkapkan informasi yang ada relevansinya dengan pokok persoalan penelitian. Pada penelitian ini peneliti melakukan pengumpulan data dengan melalui beberapa tahap, diantaranya: Observasi dilakukan dengan mengamati arsip foto Timnas Indonesia pada pagelaran Kualifikasi Piala Asia 2023 dalam akun Instagram @pengamatsepakbola, kemudian menganalisa dengan model penelitian yang digunakan. Wawancara mendalam, yaitu dengan melakukan dialog atau tanya jawab antara pewawancara dengan responden dengan tujuan memperoleh jawaban yang dikehendaki. Dan dokumentasi, dengan cara mencari data berupa buku, catatan, catatan arsip, dan foto yang sesuai dengan apa yang bias dijadikan informasi tambahan bagi penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan, peneliti berpendapat bahwa @pengamatsepakbola dalam melakukan publikasi berita atau informasi, sangat memperhatikan kecepatan dan ketepatan dari berita dan informasinya. Sehingga pembaca dapat dengan mudah melihat dan mengetahui kejadian-kejadian dan kondisi timnas sepak bola Indonesia. @pengamatsepakbola bukan media yang terikat akan aturan atau kode etik pers, hal ini dilihat dari produksi berita secara gamblang atau terbuka. Setelah peneliti menganalisis sebanyak 14 sampel foto, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa dalam foto berita yang merekam kejadian mengenai timnas sepak bola Indonesia pada Kualifikasi Piala Asia 2023, timnas mampu untuk lolos ke tahap yang berikutnya, yakni Piala Asia 2023. Banyaknya pemberitaan yang di publikasikan dalam kurun waktu yang cepat. Sehingga, informasi yang di publikasi selalu yang tercepat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Followers; Foto Jurnalistik; Sepak Bola
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Albi Dany Raihan
Date Deposited: 02 Aug 2023 05:37
Last Modified: 02 Aug 2023 05:37
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72879

Actions (login required)

View Item View Item