Pengaruh program Tempat Pengelolaan Sampah Berbasis 3R (TPS3R) terhadap perilaku hidup bersih dan sehat masyarakat: Studi kualitatif-kuantitatif deskriptif Tempat Pengelolaan Sampah Berbasis Reduce Reuse dan Recycle di RT 06 RW 11 Desa Bojongsari

Trimahturi, Hamdhan Arif (2023) Pengaruh program Tempat Pengelolaan Sampah Berbasis 3R (TPS3R) terhadap perilaku hidup bersih dan sehat masyarakat: Studi kualitatif-kuantitatif deskriptif Tempat Pengelolaan Sampah Berbasis Reduce Reuse dan Recycle di RT 06 RW 11 Desa Bojongsari. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (260kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB) | Request a copy

Abstract

Meningkatnya aktivitas manusia dan jumlah penduduk mengakibatkan peningkatan konsumsi masyarakat dan jumlah sampah. Desa Bojongsari menghasilkan sebanyak 1 ton sampah per hari, dengan jumlah sampah yang besar diperlukan pengelolaan sampah agar dapat mengurangi jumlah sampah yang dihasilkan. Permasalahan sampah didukung dengan masyarakat yang belum menyadari pentingnya kebersihan lingkungan, secara sederhana membuang sampah pada tempatnya, terutama pada perilaku hidup bersih dan sehat yang belum efektif dilakukan masyarakat. Program TPS3R diharapkan dapat mengurangi jumlah sampah, dan mengubah perilaku hidup bersih dan sehat masyarakat sehingga tercapai kondisi sanitasi lingkungan dan kesehatan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan program TPS3R, meneliti hasil program TPS3R dan pengaruh program TPS3R terhadap perilaku hidup bersih dan sehat masyarakat. Penelitian ini menggunakan teori perilaku yang dikemukakan oleh Irwan yaitu reaksi psikis seseorang terhadap lingkungan yang berbentuk tindakan nyata baik berbentuk aktif (dengan tindakan) maupun pasif (tanpa tindakan). Dalam arti lain perilaku adalah respons manusia terhadap rangsangan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan analisis mixed method atau kualitatif-kuantitatif. Mix method adalah penggabungan antara metode kualitatif dan kuantitatif, metode ini menggunakan pendekatan-pendekatan yang berhubungan dengan metode kualitatif-kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan kuesioner. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 43 yang dipilih secara acak. Hasil yang diperoleh dari pelaksanaan program TPS3R bahwa, pembentukan KPP Berkahsari membantu pemerintah dalam pengelolaan sampah melalui pemilahan yang terdiri dari sampah basah, kering dan residu. Hasil pengelolaan sampah TPS3R KPP Berkahsari berupa pupuk kompos diperoleh dari sampah organik, daur ulang terhadap sampah kering sehingga dapat dijual dan sampah residu dibuang ke TPA, serta dapat mengubah perilaku masyarakat dalam berperilaku hidup bersih dan sehat. Hasil analisis diperoleh dari nilai signifikansi 0,03 lebih kecil dari nilai α (0,05), berarti program TPS3R mempengaruhi perilaku hidup bersih dan sehat masyarakat, kemudian dengan pengujian R Square mendapatkan nilai R^2 sebesar 0,193 atau 19,3%, hal ini dapat dikatakan bahwa TPS3R dapat menjelaskan variabel PHBS sebesar 19,3%, dan sisanya sebesar 80,7% dijelaskan oleh variabel di luar penelitian. Artinya program TPS3R berpengaruh terhadap perilaku hidup bersih dan sehat masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Tempat Pengelolaan Sampah 3R; Perilaku Hidup Bersih dan Sehat; Kesehatan Masyarakat
Subjects: Personal Health, Hygiene
Personal Health, Hygiene > Environmental Factor
Personal Health, Hygiene > Artificial Environtment
Public Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Hamdhan Arif Trimahturi
Date Deposited: 07 Aug 2023 05:31
Last Modified: 07 Aug 2023 05:31
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72881

Actions (login required)

View Item View Item