Kebiasaan membaca Al-Quran dan hubungannya dengan prestasi belajar Al-Quran Hadis di Madrasah Aliyah: Penelitian Korelasional terhadap siswa kelas X MA Al-Hasan Baregbeg Kabupaten Ciamis

Nuhalim, Hasni (2023) Kebiasaan membaca Al-Quran dan hubungannya dengan prestasi belajar Al-Quran Hadis di Madrasah Aliyah: Penelitian Korelasional terhadap siswa kelas X MA Al-Hasan Baregbeg Kabupaten Ciamis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (278kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB) | Request a copy

Abstract

Di satu sisi kebiasaan membaca Al-Quran itu berkaitan dengan prestasi belajar Al-Quran Hadis. Kebiasaan membaca Al-Quran yang diduga tinggi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa yang baik. Mestinya yang seperti itu pula yang terjadi dilapangan. Namun pada kenyataannya menunjukkan hal yang berbeda, masih ditemukan siswa yang nilai Al-Quran Haditsnya masih kurang, yaitu belum mencapai nilai KKM 70. Maka dari itu, penulis tertarik untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan serta pengaruh antara kebiasaan membaca Al-Quran dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Quran Hadis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kebiasaan siswa membaca Al-Quran; (2) prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Quran Hadis; dan (3) hubungan antara kebiasaan siswa membaca Al- Quran dengan prestasi belajar mereka pada mata pelajaran Al-Quran Hadis di kelas X MA Al-Hasan Baregbeg kabupaten Ciamis. Diasumsikan bahwa prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Quran Hadis salah satunya dipengaruhi kebiasaan membaca Al-Quran. Dengan demikian hipotesis yang diajukan adalah semakin tinggi kebiasaan siswa membaca Al-Quran, maka semakin baik pula prestasi belajar mereka pada mata pelajaran Al-Quran Hadis di MA Al-Hasan Baregbeg Kabupaten Ciamis. Pendekatan kuantitatif dan metodenya korelasi. Penelitian ini dilakukan di kelas X MA Al-Hasan Baregbeg kabupaten Ciamis. Teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, angket dan dokumentasi. Adapun analisis datanya yaitu analisis parsial dan analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kebiasaan siswa membaca Al-Quran termasuk pada kategori tinggi dengan skor sebesar 3,79 yang berada pada interval 3,40 – 4,19; (2) prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Quran Hadis termasuk pada kategori baik dengan skor sebesar 77,67 yang berada pada interval 70 – 79; dan (3) hubungan antara kebiasaan membaca Al-Quran dengan belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Al-Quran Hadis di kelas X MA Al-Hasan Baregbeg kabupaten Ciamis diperoleh (a) koefisien korelasi termasuk pada kategori kuat dengan skor 0.549; (b) hipotesisnya diterima, artinya: terdapat hubungan yang positif signifikan antara kebiasaan siswa membaca Al-Quran dengan prestasi belajar Al-Quran Hadis di kelas X MA Al-Hasan. Berdasarkan thitung ( = 3.435) > ttabel ( = 2,042); dan (c) derajat pengaruh sebesar 30%. Dengan demikian masih ada faktor lain yang mempengaruhi prestasi belajar siswa sebesar 70%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Membaca Al-Quran; Prestasi Belajar Al-Quran Hadits;
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahannya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hasni Nurhalim
Date Deposited: 02 Aug 2023 06:06
Last Modified: 02 Aug 2023 06:06
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72900

Actions (login required)

View Item View Item