Pengaruh program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) terhadap akses air bersih di Desa Citimun

Nurfadilah, Haliza (2023) Pengaruh program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) terhadap akses air bersih di Desa Citimun. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (393kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy

Abstract

Akses yang tidak merata terhadap air bersih memiliki dampak penting pada berbagai aspek kehidupan, termasuk kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Salah satu solusi untuk mengatasi kemiskinan adalah dengan memastikan akses mudah terhadap air bersih. Program Pamsimas di Desa Citimun hadir sebagai respons terhadap permintaan masyarakat akan air bersih di wilayah tersebut yang menghadapi kendala dalam penggunaan sumber air bersih dari PDAM. PAMSIMAS adalah program pengelolaan air dan sanitasi berbasis masyarakat yang bertujuan untuk mendukung pencapaian tujuan Pembangunan Berkelanjutan Milenium (SDGs). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Program Penyediaan Air Minum Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) terhadap akses air bersih di Desa Citimun. Penelitian ini menggunakan teori pelayanan air bersih menurut Ibrahim Pelayanan sosial adalah aksi (tindakan) untuk mengatasi permasalahan sosial dan menjadikan program yang ditujukan untuk membantu individu dan kelompok yang mengalami hambatan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, dan penelitian ini dilakukan di Desa Citimun, Kecamatan Cimalaka, Kabupaten Sumedang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner skala likert dengan melibatkan 38 responden yang merupakan pengguna program PAMSIMAS. Analisis data menggunakan uji hipotesis paired t sample test untuk membandingkan perlakuan sebelum dan sesudah adanya program PAMSIMAS terhadap akses air bersih di Desa Citimun. Hasil penelitian menggunakan Uji Paired Sample t-Test menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara Program PAMSIMAS dan akses air bersih di Desa Citimun. Hal ini dapat disimpulkan karena nilai signifikansi (sig) yang diperoleh lebih kecil daripada tingkat alpha yang ditetapkan sebesar 0,05. Dengan demikian, hipotesis alternatif (H_1) dapat diterima, yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari Program PAMSIMAS terhadap akses air bersih di Desa Citimun. Temuan ini memberikan bukti bahwa Program PAMSIMAS memiliki pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan akses air bersih bagi masyarakat di Desa Citimun.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: PAMSIMAS; Akses Air Bersih; Sanitasi
Subjects: Personal Health, Hygiene > Environmental Factor
Personal Health, Hygiene > Artificial Environtment
Public Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Haliza Nurfadilah
Date Deposited: 07 Aug 2023 05:34
Last Modified: 07 Aug 2023 05:34
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72929

Actions (login required)

View Item View Item