Pengaruh kepemimpinan Afiliatif Kepala Madrasah terhadap kinerja tenaga pendidik : Penelitian di Yayasan Al Jawami Bandung

Nursaebah, Gina (2023) Pengaruh kepemimpinan Afiliatif Kepala Madrasah terhadap kinerja tenaga pendidik : Penelitian di Yayasan Al Jawami Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISII.pdf

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (628kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (618kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (723kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB) | Request a copy

Abstract

Kepala madrasah sebagai pemimpin di suatu lembaga pendidikan islam mempunyai tanggung jawab untuk dapat menggerakkan seluruh potensi madrasah secara optimal untuk mencapai tujuan madrasah yang telah ditentukan. Sebagai seorang pemimpin, kepala madrasah juga harus mampu memotivasi dan menginspirasi tenaga pendidik dalam menjalankan tugasnya, kepala madrasah juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Peneliti ini bertujuan untuk : 1. Untuk mengetahui kepemimpinan afiliatif kepala madrasah di Yayasan Al-Jawami Bandung 2. untuk mengetahui kinerja tenaga pendidik di Yayasan Al-Jawami Bandung dan 3. Untuk menemukan pengaruh kepemimpinan afiliatif kepala madrasah terhadap kinerja tenaga pendidik di Yayasan Al-Jawami Bandung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode ex past facto. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan menyebar angket atau kuesioner Kemudian teknik analisis data dalam penelitian ini ialah uji instrumen (Validitas dan Reabilitas), uji analisis parsial perindikator, uji normalitas data, dan uji hipotesis (uji regresi linier sederhana, uji t-test, koefisien determinasi). Berdasarkan hasil pengujian secara statistik, bahwa terdapat pengaruh yang signigikan mengenai Kepemimpinan Afiliatif Kepala Madrasah terhadap Kinerja Tenaga Pendidik. Hasil perhitungan pada Kepemimpinan Afiliatif Kepala Madrasah (X) yang dilakukan diperoleh dengan nilai rara-rata sebesar 3,77. Nilai tersebut termasuk kualifikasi Tinggi, karena nilai tersebut berada pada rentang 3,40-4,19. Sedangkan mengenai Kinerja Tenaga Pendidik (Y) diperoleh nilai rata-rata yaitu sebesar 3,86. Nilai tersebut termasuk kualifikasi tinggi, karena berada pada rentang 3,40-4,19. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa, Kepemimpinan Afiliatif Kepala Madrasah memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Kinerja Tenaga Pendidik di Yayasan Al Jawami Bandung, karena memiliki nilai 0,674 dengan sig. 0,000< 0,05. Koefisisen determinasi yang dihasilkan dari penelitian ini adalah 45.4%. Maka dapat diartikan bahwa pengaruh Kepemimpinan Afiliatif Kepala Madrasah sebesar 45,4% dan selebihnya 54,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan; Afiliatif; Kepala Madrasah; Tenaga Pendidik
Subjects: Social Process > Leadership
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Professional Qualifications of Teacher
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Gina Nursaebah
Date Deposited: 03 Aug 2023 03:33
Last Modified: 03 Aug 2023 03:33
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72930

Actions (login required)

View Item View Item