Hubungan antara kegiatan ekstrakurikuler Kepramukaan dengan kedisiplinan siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Bandung : Penelitian korelasional pada anggota Penggalang di MI Negeri Bandung

Tiara, Regita (2023) Hubungan antara kegiatan ekstrakurikuler Kepramukaan dengan kedisiplinan siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Bandung : Penelitian korelasional pada anggota Penggalang di MI Negeri Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (236kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (764kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh nilai-nilai kedisiplinan semakin memudar. Tata tertib sekolah seolah hanya simbol tertulis dan lemah kekuatannya untuk mengatur kehidupan sekolah. Pentingnya penguatan nilai-nilai karakter disiplin didasari oleh alasan bahwa saat ini banyak sekali perilaku menyimpang yang bertentangan dengan norma-norma disiplin. Tentunya ini diperlukan perhatian khusus baik itu dari orang tua, guru, serta sekolah kepada peserta didik agar dapat menghilangkan sifat dan perilaku-perilaku menyimpang pada tersebut kegiatan-kegiatan yang bersifat positif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan, kondisi kedisiplinan siswa, dan bagaimana hubungan antara kegiatan ektrakurikuler kepramukaan dengan kedisiplinan siswa di MI Negeri Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi karena data-data penelitian berupa angka-angka dan analisisnya menggunakan statistik non parametik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis korelasi dan uji hipotesis dengan menggunakan produk momen. Hasil penelitian diperoleh; 1) kondisi kegiatan ekstrakurikuler pramuka penggalang diperoleh rata-rata nilai sebesar 126, nilai tengah sebesar 123, skor minimal 106 dan skor maksimal 140. Hal tersebut menunjukan bahwa kondisi kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan di MIN Bandung berkategori baik, 2) kondisi kedisiplinan siswa diperoleh rata-rata nilai sebesar 127, nilai tengah sebesar 118, skor minimal 95 dan skor maksimal 141. Hal tersebut menunjukan bahwa kedisiplinan siswa di MIN Bandung berkategori baik. 3) Terdapat hubungan yang signifikan antara kegiatan ekstrakurikuler pramuka dengan kedisiplinan siswa di MIN Bandung. Hal tersebut terlihat dari hasil analisis data yang dilakukan terhadap hasil penelitian. diperoleh nilai sig 0,001 yang berarti lebih kecil dari 0,05 yang berarti nilai rtabel lebih kecil daripada rhitung (0,404 < 0,868) maka Ha diterima yang berarti terdapat hubungan antara kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan dengan kedisiplinan siswa. Hubungannya sebesar 0,868 artinya hubungan antara kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan dengan kedisiplinan siswa berkategori sangat kuat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: ekstrakurikuler; kepramukaan; kedisiplinan siswa
Subjects: Accounting > Elementary Level of Accounting
Accounting > Education, Research of Accounting
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Regita Tiara
Date Deposited: 10 Aug 2023 02:15
Last Modified: 10 Aug 2023 02:15
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72977

Actions (login required)

View Item View Item