Pengaruh kredibilitas Mubaligh Muhammad Ainun Nadjib terhadap minat pemuda dalam menonton kajian Islam di Youtube Caknun.com: Studi kausalitas pada Subscriber Youtube Caknun.com

Rohmah, Ade Ainur (2023) Pengaruh kredibilitas Mubaligh Muhammad Ainun Nadjib terhadap minat pemuda dalam menonton kajian Islam di Youtube Caknun.com: Studi kausalitas pada Subscriber Youtube Caknun.com. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (213kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy

Abstract

Mubaligh diibaratkan motor penggerak yang menjadi ujung tombak suksesnya kegiatan Tabligh. Kepercayaan muballagh kepada mubaligh menjadi hal yang penting dalam tersampaikannya pesan tabligh. Saat ini Youtube merupakan media yang bisa digunakan sebagai media Tabligh, hal ini dikarenakan Youtube merupakan platform yang banyak digandrungi khususnya pemuda. Banyak diantara pemuda yang memilih untuk menghindari konten Tabligh dikarenakan Mubaligh yang tidak mengikuti perkembangan zaman, mudah menghakimi tanpa memberikan solusi, tidak relate dengan kehidupan dan dipandang kurang kredibel sehingga tidak adanya ketertarikan untuk menonton kajian Islam. Dengan begitu penting bagi seorang Mubaligh memiliki kredibilitas yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kredibilitas Mubaligh Muhammad Ainun Nadjib dalam hal: keahlian, kepercayaan, kedinamisan, sosiabilitas, koorientasi dan karisma, terhadap minat pemuda dalam menonton kajian Islam di Youtube Caknun.com. Paradigma penelitian yang digunakan adalah positivistik dengan metode kuantitatif dan teknik metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Jumlah sampel penelitian ini adalah 30 orang responden yang ditentukan dengan rumus Maholtra. Teknik analisis hasil data yang digunakan adalah teknik analisis uji regresi linier sederhana menggunakan SPSS versi 24. Berdasarkan dari hasil analisis terhadap 40 responden diperoleh hasil atau nilai untuk variabel kredibilitas Mubaligh (X) sebesar 84% yang dapat dikategorikan sangat tinggi atau sangat baik, dan nilai untuk variabel minat pemuda (Y) sebesar 81% yang dapat dikategorikan tinggi atau baik. Penelitian ini menghasilkan persamaan regresi Y = -1.108 + 0.565 X, dengan output tabel Anova dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Hasil penelitian melalui uji regresi linier sederhana menjelaskan bahwa antara variabel X dan variabel Y terdapat pengaruh yang positif dengan besar nilai koefisien determinasi sebesar 0,565 atau sama dengan 56,5%, yang dapat diartikan bahwa kredibilitas Mubaligh memengaruhi minat pemuda dalam menonton kajian Islam 56,5% sedangkan 43,5% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil pengujian regresi dapat diambil kesimpulan bahwa kredibilitas Mubaligh memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat pemuda dalam menonton kajian Islam. Pengaruh kredibilitas Mubaligh terhadap minat pemuda dalam mengikuti kajian Islam meliputi keahlian, kepercayaan, kedinamisan, sosiabilitas, koorientasi dan karisma dari seorang Mubaligh.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh; Kredibilitas; Mubaligh; Minat;
Subjects: Islam > Da'wah
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ade Ainur Rohmah
Date Deposited: 07 Aug 2023 05:33
Last Modified: 07 Aug 2023 05:33
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72979

Actions (login required)

View Item View Item